Lihat ke Halaman Asli

Iskandar Zulkarnain

TERVERIFIKASI

Laki-laki, ayah seorang anak, S1 Tekhnik Sipil.

Nasi Kapau, Beli Motor di Jepang

Diperbarui: 1 Oktober 2015   12:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Papan nama Selamat Datang di Nagari Kapau (dok.Pribadi)"][/caption]Ketika mengunjungi Sumatera Barat tahun 2011, saya sudah wanti-wanti sama adik, bahwa saya akan mengunjungi Kapau. Sang adik heran bercampur ingin tahu, kenapa saya ingin mengunjungi Kapau. Tokh, kalau sekedar ingin makan nasi Kapau, di Pasar Atas Bukittinggi, jumlah warung nasi yang menjual nasi Kapau cukup banyak. Lalu, apa perlunya harus mengunjungi Kapau?.

Untuk menjawab pertanyaan sang adik, saya memberikan tamsil. Jika selama ini saya membeli motor di dealer motor. Maka, sekarang saya ingin membeli motor di Jepang, Negara dimana motor itu di produksi. Demikian juga dengan Kapau, jika selama ini saya makan nasi Kapau di warung nasi Kapau, maka kini, saya ingin makan nasi Kapau di Kampung Kapau langsung. Mumpung kita masih di Bukittinggi.

Singkat cerita, kami sudah berada di Kampung Kapau. Namun, ada yang salah. Kami tiba di Kampung Kapau ketika jam sudah menunjukkan pukul satu siang, serta hari, ketika itu, hari senin. Kampung Kapau terlihat kosong. Ternyata, di Kampung Kapau ada hari Pasaran. Hari dimana, ketika itu, pasar akan ramai. Selain hari itu, pasar sepi, hanya beberapa toko saja yang buka. Hari Pasar untuk Kampung Kapau, hari selasa dan Jum’at.

Kamipun gagal menangkap aroma Kampung Kapau dengan masakan nasi Kapaunya.

Pertengahan bulan September 2015, kembali saya mengunjungi Sumatera Barat, seorang diri, tepatnya ke kota Bukittinggi dan Payakumbuh. Kenangan tentang “gagal” menangkap Kapau tempo hari kembali lagi. Kali ini, saya bertekad untuk tidak sampai gagal lagi. Saya harus bisa menangkap “Kapau” dengan segala perniknya. Utamanya tentang nasi Kapau.

Inilah ceritanya.

[caption caption="Kantor Wali Nagari Kapau, Kecamatan Tilatang Kamang (dok.Pribadi) "]

[/caption]

Pagi itu, setelah meletakkan barang-barang di kamar, saya langsung mandi dan segera keluar kamar. Tujuannya satu, menangkap suasana Kapau. Pada resepsionis saya tanya kemana arah ke Kapau. Sang resepsionis, menyarankan saya untuk menggunakan angkot saja ke Kapau. Resepsionis, menganjurkan saya, menaiki angkot warna kuning menuju terminal Aur Bukittinggi. Perkiraan ongkos untuk sampai terminal Aur sebesar empat ribu rupiah. Lalu, dari terminal Aur, saya di sarankan untuk naik angkot 01 warna merah dengan tujuan Kamang. Kampung Kapau, berada sebelum Kamang.

Saya dengan patuh, mengikuti anjuran resepsionis. Ternyata benar, ongkos ke terminal Aur Bukittinggi sebesar empat ribu rupiah, dan ongkos ke Kampung Kapau dari terminal Aur Bukittinggi sebesar lima ribu rupiah. Dengan biaya Sembilan ribu rupiah, sampailah saya di Kampung Kapau. Sebuah kanagarian yang masuk dalam wilayah kecamatan Tilatang Kamang. Kabupaten Agam. Berjarak hanya 6 KM dari kota Bukittinggi.

Lazimnya setiap Kampung di Sumatera Barat, khususnya kabupaten Agam, memiliki udara sejuk, hamparan sawah yang luas dan kondisi jalan yang relative mulus. Demikian juga dengan Kampung Kamang. Memiliki sawah luas, konon ceritanya beras hasil sawah kamang ini, akan di bawa ke berbagai daerah sebagai beras yang akan di masak di warung nasi Kapau. Kapau juga memiliki jalan yang mulus dan udara sejuk.

Di pertigaan Kapau, yang memisahkan arah antara kamang dan Pasar Kapau, saya berhenti. Singgah di warung Kapau Ibu Letti untuk sarapan pagi. Saya lihat jam baru menunjukkan pukul delapan pagi. Ibu Letti menganjurkan saya untuk jalan kaki saja menuju pasar Kapau. “sambia cuci mato” begitu alasan Ibu Letti.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline