Lihat ke Halaman Asli

Iswara Rusniady

Pustakawan

Alternatif Menyembuhkan dan Mencegah Penyakit dengan Buku

Diperbarui: 23 Agustus 2019   10:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pengantar.

Dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat, Pemerintah yang dipimpin Jakowi berupaya terus meningkatkan berbagai sarana kesehatan masyarakat, agar masyarakat Indonesia benar-benar terjamin dan meningkat kesehatannya, maka tak heran bila Pemerintah Indonesia dibawah Presiden Jakowi mengeluarkan program "Kartu Indonesia Sehat" Hal tersebut melihat kenyataan yang terjadi di masyarakat, banyak masyarakat yang sering mengeluh karena kesulitan  mendapatkan pelayanan kesehatan yang  murah dan gratis. 

Pembiayaan kesehatan yang murah dan gratis inilah yang jadi keluhan warga masyarakat, karena seringkali kalau pembiayaan kurang tidak mendapat pelayanan kesehatan yang baik. 

Karena umumnya  Rumah sakit hanya mau menerima pasien yang mampu dari segi keuangan, kalau masyarakat yang tidak mampu seringkali terabaikan untuk mendapatkan fasilitas perawatan di Rumah Sakit. 

Padahal masalah kesehatan adalah hak setiap warga Negara untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Kartu Indonesia sehat, yang dikeluarkan pemerintah Jakowi, diharapkan mampu mengatasi permasalahan yang dihadapi masyarakat. 

Disamping itu Pemerintah mengeluarkan kebijakan BPJS, supaya setiap anggota masyarakat mempunyai kartu BPJS untuk mendapat pelayanan kesehatan yang murah dan terjangkau, namun kebijakan inipun rupanya tak bisa memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan. 

Banyak rumah sakit kewalahan menerima pasien yang terus membludak, daya tampung rumah sakit sangat terbatas, maka tak heran bila rumah sakit banyak yang menempuh kebijaksanaan hanya menerima pasien yang mempunyai "Kartu Indonesia sehat" dan kartu BPJS Kesehatan dengan jumlah sedikit.

Hal ini memang dapat dimaklumi, apalagi Rumah sakit swasta, kalau semua ingin mendapatkan fasilitas kesehatan murah dan gratis, sangat sulit diwujudkan. 

Karena Rumah sakit swasta mungkin lebih berorientasi ke "bisnis rumah sakit", tapi nampaknya Rumah sakit pemerintahpun nampaknya, tak bisa berbuat banyak kalau menghadapi pasien yang terus membludak, walau disisi lain, tugas Rumah sakit Pemerintah, yang lebih menonjolkan sosialnya, harus dapat menyediakan fasilitas layanan kesehatan murah dan gratis. Tapi karena pembiayaan dan perawatan serta obat-obatan  yang terus merangkak naik, tak bisa memenuhi semuanya. 

Usaha perawatan kesehatan dan penyembuhan penyakit, bukan saja tugas departemen kesehatan saja, tetapi sebenarnya merupakan tugas kita bersama, tugas seluruh masyarakat dan lingkungannya. 

Selain itu penyediaan sarana dan prasarana kesehatan masyarakat,perlu difikirkan dan dicarikan berbagai alternative lainnya, agar upaya realisasi program kesehatan masyarakat dapat terpecahkan atau paling tidak mengurangi resiko terus melonjaknya masyarakat yang sakit. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline