Lihat ke Halaman Asli

Iswan Heri

Dreamer, writer, and an uncle

Bugar Berseri di Masa Pandemi

Diperbarui: 23 Juni 2020   23:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Jogging. Sumber: unsplash.com

Takut dan bosan. Dua hal itu rasanya menghantui sebagian besar masyarakat kita di tengah masa pandemi ini. Takut di keramaian dan beraktivitas di luar rumah. Bosan karena berbulan-bulan harus terbiasa bekerja di rumah atau sering disebut Work From Home (WFH). 

Di sisi lain ada juga warga masyarakat yang tetap harus berada di jalanan untuk mencari nafkah, diantaranya tukang ojek maupun pekerja informal lainnya. Oleh karena itu, sikap disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan rasanya perlu dijadikan pedoman dalam setiap aktivitas yang dilakukan. Penerapan jaga jarak atau physical distancing juga perlu dilaksanakan secara konsisten.

Nah, selain menerapkan jaga jarak dan membatasi aktivitas, rasanya ada hal penting yang tidak bisa ditinggalkan, yaitu mengkonsumsi makanan sehat dan olahraga. Makanan sehat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Sedangkan olahraga teratur dibutuhkan untuk menjaga kebugaran tubuh. Kombinasi keduanya penting dalam rangka meningkatkan imunitas tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit, salah satunya Covid-19.

Saya sendiri juga mengalami pengurangan jam kerja serta pemberlakuan WFH. Setidaknya sejak bulan Maret, kantor tempat saya bekerja mulai memberlakukan WFH dengan sistem sehari masuk, sehari WFH. 

Andaikata dalam kondisi normal, tentu WFH akan sangat menyenangkan dilakukan. Sayangnya, kita hidup dalam kondisi pandemi dan mau atau tidak mau terpaksa harus membatasi kegiatan di luar rumah. 

Saya menghabiskan bulan puasa di kos dan bahkan memilih tidak mudik saat lebaran. Berat memang. Tapi yang lebih berat lagi adalah rasa bosan dan jenuh yang berlebih karena semua aktivitas dan perjalanan yang dapat saya lakukan sangat terbatas.

Untuk mengurangi kebosanan dan menjaga kebugaran, saya memilih melakukan olahraga yang sederhana dan mudah dilakukan. Beberapa olahraga yang saya lakukan tersebut antara lain:

Kalistenik. Sumber: unsplash.com

1. Kalistenik

Saya tertarik melakukan kalestenik ini setelah melihat video di YouTube yang dilakukan Chris Heria. Kalestenik merupakan salah satu olahraga yang bertujuan meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot dengan menggunakan berat badan selama proses latihan. Kalestenik bisa dilakukan di mana saja dengan peralatan yang minim bahkan tanpa peralatan sama sekali. Anda dapat melakukan kalestenik di ruang terbuka, di halaman rumah, bahkan di dalam kamar sekalipun.

Beberapa gerakan kalestenik favorit saya antara lain: lari di tempat, jumping jack, push up, sit up, serta squat. Anda juga dapat mencontoh gerakan kalestenik dari berbagai video yang ada di YouTube dengan instruktur dalam  maupun luar negeri.

2. Jalan-jalan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline