Lihat ke Halaman Asli

Isur Suryati

TERVERIFIKASI

Menulis adalah mental healing terbaik

MPLS 2024/2025, Wujudkan Sekolah Aman dan Ramah Anak melalui Edukasi Pencegahan Kekerasan

Diperbarui: 3 Juli 2024   19:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi MPLS/FB Isur Suryati 

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2024/2025 akan segera dilaksanakan. 

Momen penting bagi siswa baru ini tidak hanya untuk mengenal lingkungan belajar baru, tetapi juga untuk membangun karakter dan menanamkan nilai-nilai positif.

Kemendikbudristek melalui berbagai peraturan dan programnya mendorong penyelenggaraan MPLS yang edukatif, kreatif, dan bebas dari kekerasan. 

Hal ini sejalan dengan fokus Program Gerakan Sekolah Sehat (GSS) yaitu Sehat Jiwa dan implementasi pencegahan kekerasan yang diamanatkan dalam Permendikbudristek Nomor 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan (PPKSP).

Untuk mewujudkan lingkungan belajar yang inklusif, berkebinekaan, dan aman bagi semua, Kemendikbudristek menyediakan panduan sosialisasi PPKSP pada saat pelaksanaan MPLS. 

Panduan ini memuat materi yang sederhana dan efektif untuk digunakan di setiap jenjang pendidikan, dan dapat diakses di tautan berikut: [https://bpmpkaltara.kemdikbud.go.id/2022/07/18/masa-pengenalan-lingkungan-sekolah-mpls/](https://bpmpkaltara.kemdikbud.go.id/2022/07/18/masa-pengenalan-lingkungan-sekolah-mpls/).

MPLS Edukatif dan Kreatif dengan Pencegahan Kekerasan

MPLS 2024/2025 diharapkan tidak hanya mengenalkan lingkungan sekolah, tetapi juga menanamkan nilai-nilai positif dan membangun karakter siswa. Kegiatan MPLS yang edukatif dan kreatif dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti:

1. Permainan dan Icebreaking

 Permainan dan icebreaking dapat membantu siswa baru untuk saling mengenal dan membangun rasa kebersamaan. Contohnya, permainan "Kenalan Bola" di mana siswa melempar bola dan memperkenalkan diri saat menangkap bola tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline