Praktik pembelajaran yang berpihak pada murid merupakan aspek integral dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk memastikan bahwa setiap siswa dapat mencapai potensi maksimalnya.
Landasan filosofis pendidikan Indonesia, terutama yang diletakkan oleh Ki Hadjar Dewantara, menekankan pentingnya menghargai individualitas dan keunikan setiap murid dalam proses pembelajaran.
Ciri-ciri Pembelajaran yang Berpihak pada Murid
Pembelajaran yang berpihak pada murid memiliki beberapa ciri khas, antara lain:
1. Fokus pada kebutuhan dan gaya belajar murid, mengakui bahwa setiap murid memiliki cara belajar yang berbeda-beda.
2. Tujuan pembelajaran yang jelas dan dipahami murid, sehingga siswa memiliki pemahaman yang mendalam tentang apa yang mereka pelajari dan mengapa itu penting.
3. Pembelajaran yang aktif dan melibatkan murid, memungkinkan siswa untuk terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran.
4. Penilaian yang berkelanjutan dan formatif, memberikan umpan balik yang konstruktif dan membantu siswa untuk terus meningkat.
Praktik Pembelajaran yang Berpihak pada Murid
A. Diferensiasi Pembelajaran