Lihat ke Halaman Asli

Isur Suryati

TERVERIFIKASI

Menulis adalah mental healing terbaik

Eksplorasi Konsep Modul 1.2 - Nilai dan Peran Guru Penggerak, Trapesium Usia, dan Roda Emosi

Diperbarui: 1 April 2024   09:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi/FB Isur Suryati 

Nilai kemanusiaan: Kebajikan universal

Pendidikan harus menanamkan nilai kemanusiaan dan kebajikan yang menjadi landasan bersama dalam masyarakat yang beragam. 

Mengapresiasi dan mendukung nilai-nilai yang menguntungkan anak adalah esensi perubahan di pendidikan. 

Diharapkan peserta mengintrospeksi dan menguatkan nilai-nilai yang selaras dengan Program Guru Penggerak. Jawaban refleksi yang seksama akan memperkuat pemahaman konsep tersebut dan kemampuan menggerakkan manusia. 

Tujuannya adalah agar individu dapat menghayati dan mengimplementasikan nilai-nilai universal tersebut dalam peran mereka sebagai pendidik.

A. BAGAIMANA MANUSIA TERGERAK
Pertanyaan pemandu: Apa saja hal yang bekerja secara alami pada diri seorang manusia dan mempengaruhi bagaimana manusia dalam berperilaku?

Perilaku manusia dipengaruhi oleh faktor internal (emosi, motivasi, nilai-nilai, kognisi, kebiasaan) dan eksternal (lingkungan, insentif, tekanan sosial, kepemimpinan). 

Contohnya, lingkungan budaya memengaruhi norma sosial, sedangkan insentif dapat mendorong perilaku tertentu. 

Manusia dapat mengontrol perilakunya melalui edukasi dan pengembangan diri. Memahami faktor-faktor ini membantu kita memahami diri sendiri dan orang lain, serta mengembangkan strategi untuk mencapai tujuan yang positif.

A.1. Cara kerja otak: Sistem berpikir cepat dan lambat

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline