Pendidikan di Indonesia masih diwarnai oleh kesenjangan yang signifikan, terutama di daerah-daerah terpencil yang sering kali terkendala oleh akses internet yang terbatas.
Hal ini menjadi hambatan besar bagi guru dan tenaga kependidikan (PTK) di daerah tersebut untuk mengembangkan kompetensi dan meningkatkan kualitas pembelajaran, yang pada akhirnya berdampak pada pendidikan anak-anak di sana.
Masalah Pendidikan di Indonesia
Salah satu tantangan utama dalam pendidikan di Indonesia adalah kesenjangan yang terus berlanjut antara daerah perkotaan dan pedesaan.
Guru dan PTK di daerah terpencil sering kali tidak memiliki kesempatan yang sama dengan rekan mereka di daerah perkotaan untuk mengikuti pelatihan dan mengakses sumber daya pembelajaran yang mutakhir.
Hal ini disebabkan oleh keterbatasan akses internet yang menjadi infrastruktur utama dalam pendidikan jarak jauh dan pengembangan diri.
Analisis Kesenjangan Pendidikan
Kesenjangan pendidikan di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah akses terhadap teknologi informasi dan komunikasi.
Dalam era di mana internet menjadi sarana utama dalam mendapatkan informasi dan pengetahuan, daerah-daerah terpencil yang tidak memiliki akses internet yang memadai menjadi terpinggirkan.
Guru-guru di sana tidak dapat mengakses sumber daya pembelajaran yang sama dengan rekan-rekan mereka di daerah perkotaan, sehingga kualitas pembelajaran yang disampaikan pun menjadi terbatas.