Lihat ke Halaman Asli

Isur Suryati

TERVERIFIKASI

Menulis adalah mental healing terbaik

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan sebagai Pemimpin Pembelajaran

Diperbarui: 18 Februari 2024   18:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-dengan-komputer-tablet-beige-blazer-holding-3184328/

Jurnal refleksi yang saya tulis pada modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin menggunakan model DEAL (Description, Examination, and Articulation of Learning) telah menjadi media yang berharga bagi saya dalam mendokumentasikan perasaan, gagasan, pengalaman, dan praktik baik selama proses Pendidikan Guru Penggerak.

Dalam jurnal refleksi ini, saya dapat menggambarkan secara rinci pengalaman dan perasaan saya selama proses pembelajaran, serta mengidentifikasi praktik baik yang telah saya lakukan. Saya juga dapat mengeksplorasi gagasan dan pemikiran saya tentang pengambilan keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan sebagai pemimpin pembelajaran.

Dengan menggunakan model DEAL, saya dapat menggambarkan pengalaman saya secara terperinci, mengeksplorasi pemikiran dan gagasan saya, serta mengidentifikasi praktik baik yang dapat saya terapkan dalam lingkungan sekolah. 

Hal ini membantu saya memperkuat pemahaman saya tentang pengambilan keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan dan memperkuat kepemimpinan saya sebagai pemimpin pembelajaran.

Dengan jurnal refleksi ini, saya dapat memperluas wawasan saya tentang pengambilan keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan dan memperkuat kepemimpinan saya sebagai pemimpin pembelajaran. 

Hal ini membantu saya mencapai tujuan saya dalam mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan sekolah.

Deskripsi

Pada tanggal 1 Februari 2024, saya memulai perjalanan modul 3 dalam Pendidikan Guru Penggerak dengan semangat dan antusiasme. Modul ini membuka pintu ke dunia pengambilan keputusan yang didasarkan pada nilai-nilai kebajikan, sebuah aspek penting dalam kepemimpinan pendidikan.

Perjalanan yang saya alami dimulai dengan pre-test dan mengawali serangkaian kegiatan di modul 3.1 yang disebut "Perjalanan MERDEKA". Alur pembelajaran MERDEKA mengajak saya untuk merenungkan bagaimana saya mengambil keputusan dalam situasi dilematis.

Alur pembelajaran ini membantu saya mempertanyakan keputusan yang saya buat selama ini, apakah keputusan tersebut selaras dengan nilai-nilai kebajikan yang saya anut, dan apakah saya cenderung memprioritaskan golongan tertentu dalam proses pengambilan keputusan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline