Di era penuh perubahan dan tantangan ini, kepemimpinan yang efektif dalam pengelolaan sumber daya menjadi kunci untuk mencapai tujuan dan membangun masa depan yang berkelanjutan.
Modul 3.2: Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya hadir untuk membantu Anda memahami peran vital pemimpin dalam mengoptimalkan sumber daya dan membawa perubahan positif.
Tujuan Pembelajaran Khusus:
1. Memahami faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah.
2. Membedakan pendekatan berbasis aset dan berbasis masalah.
3. Memahami pengelolaan sumber daya sekolah dengan ABCD.
4. Membedakan tujuh aset utama lingkungan sekolah.
Pertanyaan Pemantik
1. Apabila kita menganggap sebuah sekolah adalah sebuah ekosistem dengan faktor biotik dan abiotik yang ada di dalamnya, maka faktor-faktor apa saja yang termasuk dalam kelompok biotik dan abiotik?
Jawaban:
Faktor biotik dalam ekosistem sekolah meliputi manusia, hewan, tumbuhan, mikroba, dan lingkungan sosial. Sedangkan faktor abiotik meliputi manajemen sekolah, fasilitas (bangunan, peralatan), sumber daya alam, teknologi, dan kemitraan.
Seorang kepala sekolah harus memimpin dengan visi misi jelas, manajerial, komunikatif, dan efektif dalam mengelola sumber daya.
Pengelolaan yang efektif melibatkan kesinergisan dengan warga sekolah, lingkungan sekitar, komunitas, institusi pendidikan, dan industri.