Modul 3.2, "Peran Kepemimpinan dalam Pengelolaan Sumber Daya," mengajak kita untuk memahami pentingnya kepemimpinan dalam memaksimalkan penggunaan sumber daya.
Di tengah era yang terus berubah, pemimpin yang efektif tidak hanya efisien dalam pengelolaan sumber daya, tetapi juga bertanggung jawab atas pelestariannya demi masa depan generasi mendatang.
1. Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat Bapak dan Ibu guru bertugas.
Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem?
Jawaban:
Sekolah adalah ekosistem yang terdiri dari beragam komponen yang saling berkolaborasi untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan positif. Komponen-komponen tersebut meliputi guru, siswa, kesepakatan kelas, aturan sekolah, fasilitas, orang tua, serta visi dan misi sekolah.
Guru memfasilitasi belajar dan menciptakan lingkungan yang positif, sedangkan siswa menggunakan fasilitas sekolah dan berperan dalam membangun lingkungan belajar yang baik.
Kesepakatan kelas dan aturan sekolah memfasilitasi kolaborasi dan keamanan. Orang tua membantu membangun lingkungan positif, sementara visi dan misi sekolah menetapkan tujuan yang jelas.
Kerjasama dan hubungan positif antar komponen penting untuk menciptakan ekosistem sekolah yang efektif dan positif.
2. Apa saja yang bisa Anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah?
Perhatikan untuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan.
Jawaban:
Sekolah memiliki sumber daya yang luas dan beragam. Sumber daya manusia meliputi guru, staf, kepala sekolah, pengawas, siswa, orang tua, dan masyarakat sekitar.