Lihat ke Halaman Asli

Isur Suryati

TERVERIFIKASI

Menulis adalah mental healing terbaik

Eksplorasi Konsep Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan sebagai Pemimpin Pembelajaran

Diperbarui: 2 Februari 2024   11:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-orang-kantor-bekerja-laki-laki-7433830/

Dalam Eksplorasi Konsep Modul 3.1, kita memahami esensi kebijaksanaan dalam menghadapi dilema etika sebagai pemimpin pembelajaran. 

Langkah pertama mengenali nilai-nilai yang saling bertentangan membuka cakrawala untuk pengambilan keputusan yang bijak. Modul ini menggali prinsip-prinsip mendalam, mengajarkan integritas, rasa keadilan, dan perhatian pada nilai-nilai universal sebagai pondasi kuat pemimpin pembelajaran.

2.1 Sekolah sebagai Institusi Moral


Kegiatan Pemantik

Di era abad ke-21 yang semakin demografis beragam, pendidik dihadapkan pada tanggung jawab yang lebih besar untuk mengembangkan, membina, dan memimpin sekolah yang toleran dan demokratis. 

Kutipan dari Shapiro dan Stefkovich (2016) menegaskan bahwa melalui pembelajaran etika, pemimpin pendidikan masa depan akan lebih siap mengenali, merenungkan, dan menghargai keberagaman. 

Sebagai seorang Calon Guru Penggerak, Anda diminta untuk merenungkan peran kritis Anda dalam membentuk karakter siswa dalam konteks sekolah sebagai 'institusi moral'. 

Memahami dan menerapkan etika dalam pengajaran menjadi semakin penting dalam menghadapi kompleksitas dan keragaman dunia modern.

Jawaban saya:

Pendidik di abad ke-21, seperti yang dikemukakan oleh Shapiro dan Stefkovich (2016), tidak hanya mentransfer ilmu pengetahuan, tetapi juga memainkan peran kunci dalam mengembangkan lingkungan belajar inklusif. Sebagai Guru Penggerak, saya bertugas sebagai fasilitator pembelajaran, pemimpin pembelajaran, dan agen perubahan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline