Lihat ke Halaman Asli

Isur Suryati

TERVERIFIKASI

Menulis adalah mental healing terbaik

3 Hal yang akan Diobservasi oleh Pengajar Praktik dalam Pendampingan Individu (PI) 4

Diperbarui: 24 Januari 2024   19:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pexels.com

Pendampingan Individu 4 bagi Calon Guru Penggerak merupakan tonggak penting dalam pengembangan profesionalisme pendidik. Fase utama PI-4 ini menekankan pengawasan dan peningkatan modul pembelajaran, termasuk budaya positif, pembelajaran berdiferensiasi, dan sosial emosional. 

Melalui partisipasi aktif, calon guru penggerak dapat memperbaiki implementasi modul-modul ini dalam konteks pembelajaran mereka. 

Sasaran utamanya adalah membantu mereka membentuk lingkungan belajar inklusif, memastikan dukungan bagi perkembangan semua siswa secara holistik. 

Dengan demikian, PI-4 membawa peluang berharga bagi peningkatan profesionalisme dan peningkatan kualitas pendidikan.

3 Hal yang akan diobservasi

Fokus utama Pendampingan Individu ke-4 adalah Evaluasi dan Pengembangan Proses Pembelajaran. Dalam pendampingan ini, penekanan diberikan pada pengawasan kelas Calon Guru Penggerak untuk mengevaluasi bagaimana modul budaya positif, pembelajaran berdiferensiasi, dan pembelajaran sosial-emosional diterapkan. 

Observasi ini menjadi instrumen kunci dalam memahami dan meningkatkan efektivitas pendekatan pembelajaran mereka. Dengan demikian, tema utama PI-4 memusatkan perhatian pada pengembangan proses pembelajaran yang berfokus pada modul-modul tertentu, mendukung pertumbuhan guru yang akan datang dalam menghadapi dinamika ruang kelas.

Observasi berlangsung secara tatap muka selama 2 jam pelajaran, dengan durasi 2 x 35 menit (untuk SD) dan 2 x 40 menit (untuk SMP). 

Setelah observasi, sesi pasca-observasi melibatkan serangkaian kegiatan yang mencakup penyampaian tujuan, berbagi kesan hasil observasi, dan membahas langkah-langkah perbaikan terkait implementasi modul budaya positif, pembelajaran berdiferensiasi, dan pembelajaran sosial-emosional. 

Proses ini mendukung kolaborasi konstruktif antara pendamping dan calon guru, membentuk dasar untuk peningkatan berkelanjutan dalam pengembangan profesionalisme pendidik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline