Pendampingan Individu 4 bagi Calon Guru Penggerak merupakan tonggak penting dalam pengembangan profesionalisme pendidik. Fase utama PI-4 ini menekankan pengawasan dan peningkatan modul pembelajaran, termasuk budaya positif, pembelajaran berdiferensiasi, dan sosial emosional.
Melalui partisipasi aktif, calon guru penggerak dapat memperbaiki implementasi modul-modul ini dalam konteks pembelajaran mereka.
Sasaran utamanya adalah membantu mereka membentuk lingkungan belajar inklusif, memastikan dukungan bagi perkembangan semua siswa secara holistik.
Dengan demikian, PI-4 membawa peluang berharga bagi peningkatan profesionalisme dan peningkatan kualitas pendidikan.
3 Hal yang akan diobservasi
Fokus utama Pendampingan Individu ke-4 adalah Evaluasi dan Pengembangan Proses Pembelajaran. Dalam pendampingan ini, penekanan diberikan pada pengawasan kelas Calon Guru Penggerak untuk mengevaluasi bagaimana modul budaya positif, pembelajaran berdiferensiasi, dan pembelajaran sosial-emosional diterapkan.
Observasi ini menjadi instrumen kunci dalam memahami dan meningkatkan efektivitas pendekatan pembelajaran mereka. Dengan demikian, tema utama PI-4 memusatkan perhatian pada pengembangan proses pembelajaran yang berfokus pada modul-modul tertentu, mendukung pertumbuhan guru yang akan datang dalam menghadapi dinamika ruang kelas.
Observasi berlangsung secara tatap muka selama 2 jam pelajaran, dengan durasi 2 x 35 menit (untuk SD) dan 2 x 40 menit (untuk SMP).
Setelah observasi, sesi pasca-observasi melibatkan serangkaian kegiatan yang mencakup penyampaian tujuan, berbagi kesan hasil observasi, dan membahas langkah-langkah perbaikan terkait implementasi modul budaya positif, pembelajaran berdiferensiasi, dan pembelajaran sosial-emosional.
Proses ini mendukung kolaborasi konstruktif antara pendamping dan calon guru, membentuk dasar untuk peningkatan berkelanjutan dalam pengembangan profesionalisme pendidik.