Dalam dunia pendidikan, hubungan yang erat antara materi modul 2.3 Coaching dan Supervisi Akademik menurut saya sangat penting untuk membantu guru-guru jadi lebih profesional. Modul ini bermanfaat sekali bagi saya, karena memberikan tips dan trik coaching serta supervisi yang bisa langsung digunakan di sekolah. Dengan memahami isi modul ini dengan baik, para guru bisa menciptakan suasana belajar yang lebih baik dan membantu murid-murid tumbuh dengan lebih baik. Ini adalah catatan tugas saya, ijin berbagi, ya.
Tujuan Pembelajaran Khusus
CGP menyimpulkan dan menjelaskan keterkaitan materi yang diperoleh dan membuat refleksi berdasarkan pemahaman yang dibangun selama modul 2 dalam berbagai media.
Instruksi Penugasan
1. Buatlah sebuah kesimpulan dan refleksi yang disajikan dalam bentuk media informasi. Format media dapat disesuaikan dengan minat dan kreativitas Anda. Contoh media yang dapat dibuat: artikel, ilustrasi, grafik, video, rekaman audio, screencast presentasi, artikel dalam blog, dan lainnya.
2. Bacalah pertanyaan-pertanyaan ini untuk membantu Anda membuat kaitan tersebut:
a. Bagaimana peran Anda sebagai seorang coach di sekolah dan keterkaitannya dengan materi sebelumnya di paket modul 2 yaitu
pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial dan emosi?
b. Bagaimana keterkaitan keterampilan coaching dengan pengembangan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran?
3. Unggahlah tautan media informasi pada laman LMS.
Jawaban saya:
Peran Guru Penggerak dalam Pengembangan Kompetensi Pemimpin Pembelajaran di SMP Negeri 1 Sumedang
Sebagai seorang guru penggerak di SMP Negeri 1 Sumedang, tanggung jawab saya tidak terbatas pada ruang kelas. Sebaliknya, peran saya melibatkan dukungan terhadap pengembangan kompetensi pemimpin pembelajaran di sekolah. Dalam modul 2 yang baru-baru ini saya jelajahi, khususnya pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial dan emosi, saya menemukan keterkaitan yang erat antara materi tersebut dan tanggung jawab saya sebagai coach.
1. Mendukung Pengembangan Strategi Pembelajaran