Lihat ke Halaman Asli

Isur Suryati

TERVERIFIKASI

Menulis adalah mental healing terbaik

Mulai dari Diri Modul 2.3 Coaching dan Supervisi Akademik

Diperbarui: 18 November 2023   20:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Coaching dan Supervisi akademikhttps://www.pexels.com/photo/person-in-black-pants-and-black-shoes-sitting-on-brown-wooden-chair-4101143/

Modul 2.3 "Coaching dan Supervisi Akademik: Mulai Dari Diri" adalah sumber pembelajaran bagi Calon Guru Penggerak (CGP) yang bertujuan membentuk mereka menjadi pendidik berkualitas dan berkarakter. 

Modul ini mengupas pengalaman observasi dan supervisi akademik, mengeksplorasi perasaan saat diobservasi, tindakan pasca-observasi, serta proses supervisi akademik yang ideal. 

Menyajikan pertanyaan reflektif seperti, "Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi?" dan memberikan panduan jika CGP menjadi kepala sekolah yang melakukan supervisi. 

Artikel ini adalah catatan tugas saya sebagai CGP angkatan 9. Tulisan ini berisi jawaban-jawaban saya atas pertanyaan-pertanyaan reflektif dari Modul 2.3, ijin berbagi, ya.

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP mampu mengidentifikasi pengetahuan, pengalaman, dan  keterampilan dirinya terkait coaching di konteks pendidikan


Pertanyaan-pertanyaan reflektif sesi mulai dari diri


1.Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi?


Jawaban Saya:
Saat diobservasi, perasaan yang timbul dalam diri saya adalah campuran antara ketegangan dan antusiasme. Saya merasa tegang karena ingin memberikan yang terbaik dalam pembelajaran dan berinteraksi dengan murid, serta khawatir akan melakukan kesalahan atau menerima kritikan. 

Namun, sekaligus, rasa bersemangat muncul karena observasi memberikan kesempatan untuk mendapatkan umpan balik konstruktif dan peluang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran saya. 

Saya menyadari bahwa tegangan tersebut juga dapat menjadi dorongan positif untuk terus berkembang sebagai pendidik. Dalam kesempatan ini, saya memandang observasi sebagai langkah penting dalam perjalanan peningkatan diri dan kualitas pengajaran.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline