Lihat ke Halaman Asli

Isur Suryati

TERVERIFIKASI

Menulis adalah mental healing terbaik

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan: Modul 1.2 - Nilai dan Peran Guru Penggerak

Diperbarui: 13 September 2023   22:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi perkenalan (Dok.Pribadi)

Pada kesempatan ini, saya, Isur Suryati, S.S., seorang calon Guru Penggerak Angkatan 9 dari SMP Negeri 1 Sumedang, Kabupaten Sumedang, ingin berbagi pengalaman dan refleksi diri setelah mengikuti Modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Jurnal ini merupakan catatan dwi mingguan saya yang mencerminkan perjalanan belajar saya sepanjang modul ini. Saya akan membaginya dalam empat aspek berdasarkan model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) atau 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway.

Peristiwa (Facts)

Tanggal 1 September 2023 menjadi awal perjalanan saya dalam mempelajari Modul 1.2. Saya memulai dengan alur MERDEKA (Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar Materi, Aksi Nyata) yang telah ditetapkan. 

Pada alur yang pertama, Mulai dari Diri, Saya mengawalinya dengan tugas membuat trapesium usia dan merenungkan peran saya sebagai guru penggerak. Dalam Eksplorasi Konsep, Saya memahami  nilai Kemanusiaan melalui tiga subtopik materi, seperti Bagaimana Manusia Tergerak, Bagaimana Manusia Merdeka Bergerak, dan Bagaimana Menggerakkan Manusia: menuntun Kekuatan Kodrat Manusia. Selanjutnya, saya berdiskusi tentang nilai dan peran Guru Penggerak di sekolah.

Dalam Ruang Kolaborasi yang dilaksanakan secara daring pada hari Rabu, 6 September 2023, Saya berpartisipasi dalam diskusi kelompok daring dan presentasi hasil diskusi pada hari Kamis, 7 September 2023  yang dipandu oleh Bapak Jimmy Agustian Hartolo sebagai Fasilitator. Selanjutnya alur Demonstrasi Kontekstual, tugas saya adalah menggambarkan diri  sebagai guru penggerak di masa depan. Dalam Elaborasi Pemahaman yang dilaksanakan pada hari Rabu, 13 September 2023, pukul 13.00-15.15, Saya melakukan elaborasi pemahaman dengan Bapak Sopyan, S.Pd. M.TPd., melalui sesi daring.

Pada alur Koneksi Antar Materi, Saya mengaitkan antarmateri dari modul sebelumnya dengan model 4C. Saya pun mengalokasikan waktu untuk mengerjakan Aksi Nyata, walau di LMS tidak ada tautan untuk menyimpan hasil pekerjaan ini. Dalam alur terakhir ini,  Saya meresapi pemahaman modul 1.2 dan mencoba menerapkannya di sekolah.

Selain itu, pada tanggal 7 September 2023, saya juga mengikuti Pendampingan Individu (PI) bersama Ibu Siti Sundari, S.Pd. PI ini membantu saya menggali pemahaman tentang materi di LMS, harapan dan kekhawatiran saya sebagai guru penggerak, serta mengevaluasi aksi nyata dan portofolio digital saya.

Ilustrasi pendampingan individu (Dok.Pribadi)

Perasaan (Feelings)

Setelah mempelajari Modul 1.2 dan mengikuti serangkaian kegiatan, saya mengalami pasang surut perasaan yang beragam ibarat roller coaster. Saya merasa tertantang, senang, dan semangat sepanjang perjalanan ini. Tantangan terbesar adalah mengelola waktu antara tugas-tugas modul dengan tugas-tugas sebagai guru di sekolah. Namun, kolaborasi dengan rekan-rekan CGP lainnya untuk membuat presentasi sangat memotivasi saya. Saya merasa senang karena kolaborasi ini membantu pemahaman saya tentang Modul 1.2, dan semangat saya makin membara karena ilmu yang saya peroleh menginspirasi saya dalam praktik pembelajaran di sekolah.

Pembelajaran (Findings)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline