Aku hanya orang biasa yang bekerja untuk bangsa Indonesia dengan cara Indonesia -Ki Hajar Dewantara
Dalam artikel ini, Saya ingin berbagi pengalaman dan aksi nyata dalam modul 1.2, sesuai dengan rencana 4P pada koneksi antar materi pengembangan diri yang sederhana, konkret, rutin, serta dapat dilakukan sendiri. Aksi ini merupakan upaya saya untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila.
Pada aksi nyata ini, saya berfokus pada beberapa aspek yang saya rasa penting dalam pengembangan diri sebagai seorang guru penggerak:
Pengembangan Karakter Religius
Salah satu aspek yang saya tekankan adalah menumbuhkan karakter religius pada diri siswa. Saya mengajak mereka untuk berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, sehingga mereka memiliki kesadaran spiritual yang kuat.
Bergotong-Royong
Saya juga mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan gotong-royong untuk membersihkan lingkungan sekolah. Ini adalah upaya untuk mengajarkan nilai-nilai kebersamaan dan tanggung jawab terhadap lingkungan.
Kerja Sama
Dalam kegiatan diskusi kelompok, saya membantu siswa untuk belajar bekerja sama dengan teman-teman mereka. Ini membantu mereka mengembangkan keterampilan sosial yang penting.