Lihat ke Halaman Asli

Isur Suryati

TERVERIFIKASI

Menulis adalah mental healing terbaik

Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9 Dibuka, Inilah 7 Kompetensi yang Harus Dipersiapkan!

Diperbarui: 16 Agustus 2023   11:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Pembukaan pendidikan guru penggerak angkatan 9 (Instagram.com/Ditjen GTK Kemdikbud)

Jakarta, 16 Agustus 2023 - Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 9 resmi dibuka pada Rabu, 16 Agustus 2023 pukul 11.00 WIB secara langsung melalui Zoom dan kanal Youtube Ditjen GTK Kemdikbud RI. 

Acara pembukaan dihadiri oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, serta para pemangku kepentingan pendidikan di Indonesia.

Acara pembukaan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9 diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan laporan kegiatan pembukaan oleh Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Dr. Praptono, M. ED.

Dalam laporannya, Praptono menyampaikan bahwa Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 9 diikuti oleh  sekitar 32.203 calon guru penggerak dari seluruh Indonesia. Mereka akan menjalani pendidikan selama 9 bulan yang terdiri dari 180 jam pembelajaran.

Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 9 merupakan program prioritas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam rangka mewujudkan Indonesia maju melalui pendidikan yang berkualitas. 

Program ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas guru dan pendidikan di Indonesia.

Acara pembukaan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9 juga diisi dengan kisah inspirasi dari guru penggerak ibu Retno Sulandari pengajar SLB di Bandung. Ibu Retno Sulandari berbagi cerita tentang perjuangannya dalam mengajar anak-anak berkebutuhan khusus.

Ibu Retno Sulandari mengatakan bahwa menjadi guru penggerak adalah kesempatan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Ia berharap, para calon guru penggerak dapat menjadi agen perubahan yang dapat membawa pendidikan Indonesia ke arah yang lebih baik.

Acara pembukaan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9 ditutup dengan sambutan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim. Dalam sambutannya, Nadiem Makarim mengatakan bahwa Pendidikan Guru Penggerak (PGP) adalah program yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

Nadiem Makarim juga berpesan kepada para calon guru penggerak untuk menjadi agen perubahan yang dapat membawa pendidikan Indonesia ke arah yang lebih baik. Ia berharap, para calon guru penggerak dapat menjadi pemimpin pembelajaran yang dapat menggerakkan komunitas belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dan di Indonesia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline