Lihat ke Halaman Asli

Isur Suryati

TERVERIFIKASI

Menulis adalah mental healing terbaik

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang Menyenangkan dan Berpusat pada Murid

Diperbarui: 6 Juli 2023   07:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sejumlah siswa-siswi baru mengikuti upacara di SMAN 2 Bekasi di Jawa Barat, Senin (13/7/2020) yang merupakan rangkaian kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama tiga hari.(ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH)

Sebagai guru, saya melihat bahwa masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah batu loncatan yang tak bisa diabaikan dalam membentuk adaptasi dan pertumbuhan murid baru di lingkungan sekolah. Kenapa? 

Karena, MPLS memberikan peluang emas bagi para murid baru untuk memahami dinamika sekolah, membangun jaringan sosial yang erat, serta menemukan hasrat dan minat mereka yang sebenarnya. 

Melalui serangkaian kegiatan beragam, MPLS mampu memengaruhi sikap dan memotivasi semangat belajar para murid. Dengan MPLS hadir di sisinya, mereka akan merasa didukung, termotivasi, dan siap menghadapi tantangan akademik yang menghampiri.

Inilah fondasi berharga yang tak hanya sekadar pengenalan, melainkan fondasi kokoh untuk mendorong kemajuan mereka dalam perjalanan pendidikan yang luar biasa.

Menyusun rencana MPLS yang menyenangkan

Menyusun rencana MPLS yang menghadirkan pengalaman seru dan tak terlupakan merupakan sebuah tantangan yang menarik. Bagaimana tidak?

Dalam proses perencanaannya, melibatkan siswa secara aktif sangatlah penting. Mendengarkan aspirasi mereka, serta mempertimbangkan minat dan preferensi individu, menjadi kunci utama dalam merancang MPLS yang sesuai.

Oleh karena itu, Ibu/Bapak Guru yang budiman, salah satu cara yang dapat dilakukan agar rencana MPLS ini menyenangkan bagi peserta didik adalah dengan mengadakan sesi brainstorming bersama siswa, di mana mereka dapat berbagi ide-ide kreatif mengenai kegiatan dan acara yang ingin mereka ikuti selama MPLS. Dengan melibatkan siswa dalam proses perencanaan, akan tercipta pengalaman yang lebih personal dan sesuai dengan harapan mereka.

Selain itu, memasukkan kegiatan berbasis tim, permainan, dan tantangan dalam rencana MPLS juga akan memberikan kesenangan dan melibatkan semua siswa secara aktif. 

Misalnya, mengadakan kompetisi olahraga, permainan yang melatih kecerdasan, atau aktivitas kolaboratif yang mendorong siswa untuk mencapai tujuan bersama. Semua ini akan membangkitkan semangat persatuan dan memperkuat rasa kebersamaan di antara siswa.

Jangan sampai lupa untuk mengakomodasi minat dan bakat individu siswa. Mengadakan workshop atau demonstrasi dalam bidang seni, musik, atau sains akan memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengeksplorasi minat mereka dan menunjukkan bakat yang dimiliki. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline