Lihat ke Halaman Asli

Isur Suryati

TERVERIFIKASI

Menulis adalah mental healing terbaik

Jangan Anggap Remeh Penyakit, Ini 6 Jenis Medical Check Up Wajib bagi Perempuan

Diperbarui: 16 Maret 2023   21:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi medical check up wajib bagi perempuan (Pexels.com/Anthoni Skhraba)

Hai ladies, gimana kabarnya? Saat ini, menjaga kesehatan diri memang menjadi prioritas utama ya, terutama bagi kita kaum hawa. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan rutin melakukan medical check up. Kamu tahu nggak sih, bahwa ada 6 jenis medical check up yang wajib dilakukan oleh perempuan? 

Dengan melakukan jenis medical check up ini, kita bisa memastikan kondisi tubuh kita dan menghindari berbagai penyakit yang berpotensi membahayakan kesehatan di masa depan. Yuk, ayo simak penjelasannya secara lengkap!

Penyesalan Ana

Ana, seorang wanita yang kini telah memasuki usia lanjut, sedang menderita penyakit yang sangat berbahaya dan bisa mengancam nyawanya. Sayangnya, penyakit ini bisa saja dihindari jika saja Ana lebih memperhatikan kesehatannya sejak dulu, terutama dengan rutin melakukan medical check up untuk memeriksa kondisi tubuhnya. 

Sepanjang hidupnya, Ana tidak pernah melakukan medical check up secara teratur, sehingga ia tidak menyadari adanya penyakit berbahaya yang terus berkembang dalam tubuhnya. Kejadian ini menjadi pelajaran bagi kita semua, terutama perempuan, bahwa menjaga kesehatan dan melakukan medical check up secara rutin sangatlah penting. 

Janganlah menunda-nunda untuk memeriksa kondisi tubuh kita, karena dengan persiapan yang tepat, penyakit yang mungkin muncul bisa dicegah atau diobati lebih awal.

Perempuan memang seringkali enggan untuk melakukan medical check up, bukan karena takut atau tidak ingin, melainkan karena mereka cenderung tidak peduli dan menganggap kondisi kesehatan mereka tidak penting. Mereka lebih memprioritaskan keluarga, suami, dan anak-anaknya daripada mengeluarkan uang untuk biaya kesehatan diri sendiri.

Dengan demikian, banyak dari para perempuan tersebut di masa tuanya menderita berbagai penyakit berbahaya yang mematikan. Padahal, andai saja penyakit tersebut bisa dideteksi secara dini dan mendapatkan pengobatan yang terbaik. Para perempuan akan bisa menikmati masa tua yang sehat dan bahagia bersama anak dan cucu mereka.

Kanker payudara dan kanker leher rahim jenis penyakit yang banyak menyerang perempuan

Hingga saat ini, kanker masih menduduki urutan nomor wahid, sebagai penyakit paling mematikan. Menurut data Globocan pada tahun 2018, terdapat 18,1 juta kasus baru dengan angka kematian sebesar 9,6 juta kematian, di mana 1 dari 5 laki-laki dan 1 dari 6 perempuan di dunia mengalami kanker. Dari data tersebut, diketahui bahwa 1 dari 8 laki-laki dan 1 dari 11 perempuan meninggal akibat kanker.

Di Indonesia, angka kejadian penyakit kanker sebesar 136,2 per 100.000 penduduk, menempatkan Indonesia pada peringkat ke-8 di Asia Tenggara dan ke-23 di Asia. Kanker paru merupakan jenis kanker tertinggi pada laki-laki di Indonesia, dengan angka kejadian 19,4 per 100.000 penduduk dan rata-rata kematian 10,9 per 100.000 penduduk. 

Sedangkan kanker hati menempati urutan kedua dengan angka kejadian 12,4 per 100.000 penduduk dan rata-rata kematian 7,6 per 100.000 penduduk. Pada perempuan, kanker payudara merupakan jenis kanker tertinggi dengan angka kejadian 42,1 per 100.000 penduduk dan rata-rata kematian 17 per 100.000 penduduk, diikuti kanker leher rahim dengan angka kejadian 23,4 per 100.000 penduduk dan rata-rata kematian 13,9 per 100.000 penduduk.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline