Sore menjelang, bumi bermandi matahari. Sebentar lagi senja membayang. Cahaya sang surya akan tenggelam. Duilee, puitis sekali. Sebagai Emak yang baik, walau badan penat, karena seharian bekerja. Pulang ke rumah, saya luangkan waktu, ajak si bontot jalan-jalan ke lapang. Untuk melatih sosialisasi. Agar anak bertemu dengan teman sebayanya.
Lapang yang dimaksud. Berupa taman tempat bermain anak. Ukurannya, saya tidak tahu persis. Belum mencoba mengukur. Hehe. Masuk kira-kira lima belas mobil ukuran Avanza. Lumayan leluasa kan? Untuk ajang sepak bola, main sepedaan, dan menikmati acara rujak party bersama emak-emak sayang anak.
Tapi, sore ini. Si bontot tidak mau ke lapang. Dia tunjuk ke arah mesjid. Terdengar riuh suara anak-anak dari sana. Memang akhir-akhir ini, halaman masjid jadi tujuan kedua tempat bermain. Lantaran lapang sebagai tempat bermain utama sedang dibebenah.
Dari kejauhan terdengar sesayup sampai, "Kokoa koci tira samida!" itu kalimat yang ditangkap telinga saya. Bunyinya terdengar seperti mantra. Setelah dinyanyikan berulang selama empat kali. Anak-anak yang tadinya ramai, jadi senyap dalam beberapa detik. Lalu suara keluhan muncul bersahutan. "Uuuuuh, padahal aku tidak gerak, lho. Tapi kenapa aku yang dieliminasi!"
Saya semakin penasaran. Permainan jenis apa gerangan? Si bontot malah sudah lari di depan. Meninggalkan emaknya yang berjalan terseok-seok.
Squid game ala anak-anak
Taraaa! sampailah kami di lokasi. Tampak tiga anak berdiri di depan, sebagai pemandu. Ada tiga peran yang mereka mainkan. Peran penyanyi. Tugas dia, menyanyikan lagu squid game. Peran pengawas, melihat dan mengawasi pergerakan peserta pertandingan. Peran eksekutor.
Ketika lagu squid game selesai dinyanyikan dengan empat kali ulangan. Semua peserta diam. Jika ada yang bergerak. Dengan sigap eksekutor akan berteriak. "Budi, tereliminasi!" Anak yang dipanggil akan keluar dari barisan. Dia lirik kiri kanan, mungkin mengucap salam perpisahan pada teman-teman yang lain. Colek salah satu teman. Garuk-garuk kepala, lalu duduk. Gayanya seperti pemain sepak bola, yang diberi kartu merah.
Peserta permainan ini berbaris tiga berbanjar, dengan jarak setengah lencang kanan. Mereka berbaris rapih dan teratur, siap menunggu aba-aba. Tanpa saya sadari, di banjar kedua ada Si Tengah, anak saya yang kedua. Ketika melihat ada ibunya, dia tersenyum simpul, kemudian berbisik kepada teman di sampingnya, "Indung urang!"
Lucu ya. Begitu sederhana, arti bahagia bagi seorang anak. Tidak ribet dan sulit seperti bahagia ala orang dewasa. Dimana bahagia identik dengan kesuksesan, keberhasilan, penghargaan, dan keberlimpahan finansial. Duh, kok jadi curcol ya.
Lirik lagu squid game
Tiba di rumah, lirik lagu squid game itu terngiang-ngiang di telinga. Saya penasaran. Lalu mencoba googling. Lirik lagu squid game. "Mugunghwa Kkoci Pieot Seumnida" Ternyata, saya salah dengar. Bukan kokoa ya, tapi mugunghwa. Hihi. Dasar emak-emak.
Lagu ini diulang empat kali. Arti dari lirik itu adalah, bunga mugung sedang mekar. Bunga mugung, adalah bunga Sharon, populer di Indonesia dengan sebutan kembang sepatu. Kembang lalampuan, dalam bahasa Sunda. Bunga tersebut adalah bunga nasional negara Korea Selatan.
Engklek dan gobak sodor
Dari beberapa permainan yang dimainkan dalam squid game ala anak-anak itu. Ada dua permainan yang begitu akrab dan saya kenal. Yaitu, engklek dan gobak sodor. Saya jadi berasa nostalgia kembali.
Permainan ini begitu menegangkan dalam konten squid game. Peserta menentukan apakah akan bermain di awal atau terakhir, menyeberangi jembatan dengan kaca rapuh atau kaca kokoh. Jembatan kaca inilah yang menjadi penentu, apakah peserta berhasil atau gagal.
Di dalam permainan engklek, peserta harus berjalan dengan satu kaki (engklek) melewati sepuluh kotak yang digambar di atas tanah. Gambar sepuluh kotak ini menjadi media bermain. Alat yang digunakan dalam permainan ini adalah batu. Peserta melemparkan batu ke salah satu kotak. Dia tidak boleh memijakkan kaki di kotak yang ada batu tersebut. Jika salah pijak, maka peserta dinyatakan kalah. Seru kan?
Gobak sodor dalam konten squid game disebut dengan permainan cumi-cumi. Peserta terdiri dari kelompok, yaitu tim penyerang dan tim bertahan. Di dalam tanah sepetak yang menjadi media bermain, ada gambar cumi-cumi. Apabila tim penyerang mampu melewati ujung garis gambar cumi-cumi tersebut. Mereka dinyatakan berhasil, begitu pun sebaliknya.
Di tahun 90-an, engklek dan gobak sodor pernah begitu digemari. Dan, sekarang di abad dua satu, permainan jadul itu hadir lagi, dengan kemasan berbeda, formula baru yang lebih inovatif dan menyenangkan.
Teori perubahan sosial
Sobat, masih ingatkah dengan pelajaran teori perubahan sosial, waktu kita di sekolah menengah dulu. Itu lho, masa di saat kamu masih unyu-unyu, rambut dikuncir dua, kaca mata melorot ke hidung, dan kaos kaki setinggi lutut. Ingat kan?
Teori perubahan sosial melingkar atau siklus menjelaskan bahwa perubaha sosial dalam masyarakat tidak diarahkan atau direncanakan. Umpamanya perubahan mode pakaian dan gaya hidup. Teori ini menyebutkan, perubahan sosial yang terjadi di masyarakat bisa saja terulang kembali. Contohnya, ya itu tadi. Engklek dan gobak sodor yang dulu populer di tahun 90-an. Pada tahun 2021, bangkit dan hidup lagi dalam permainan squid game.
Alasan Fsikologis
Ada beberapa alasan fsikologis, mengapa permainan squid game ini begitu populer dan digemari. Baik oleh kalangan dewasa, maupun anak-anak. Padahal konten dalam permainan ini, mengandung kekerasan. Tentu saja, tidak baik untuk tumbuh kembang anak-anak. Beberapa psikolog, fsikiater, dan ahli forensik terkenal seperti Dr.Eric Bender, Grace Jung, dan Bustle menjelaskan.
Pertama, format permainan anak-anak. Konten permainan squid game memanfaatkan formula permainan sederhana yang biasa dimainkan oleh anak-anak. Ada tantangan, perjuangan, dan penentuan menang atau kalah.
Sehingga, konten ini mudah diterima. Instruksinya mudah dilakukan. Kepolosan anak-anak, menjadi keunikan tersendiri dalam konten squid game.
Ketika bermain, apapun jenis permainannya. Anak-anak sebagai peserta, akan mematuhi aturan permainan. Bagaimana, ketika mereka memutuskan mengikuti tantangan. Berjuang untuk menang. Lalu, menerima hukuman dan konsekuensi. Saat mereka kalah. Yakni, dikucilkan atau dihukum dengan cara anak-anak.
Kedua, penanda perjuangan. Dalam konten squid game menawarkan beberapa penanda perjuangan. Rasa putus asa, karena kalah dalam permainan. Menjadi penanda perjuangan dengan level tertinggi. Kekerasan dan darah adalah level di bawahnya.
Mau tidak mau, ketika memutuskan untuk ikut bermain. Anak-anak akan menghasilkan penanda perjuangan. Umpamanya, peluh dan keringat berleleran, baju kotor dan sobek, lutut dan kaki cedera, bahkan tetesan darah, dan tangisan putus asa.
Itulah, penanda perjuangan yang menjadikan sebuah permainan begitu melekat dalam benak dan memori anak. Sehingga ia menyukai permainan itu, lagi dan lagi.
Ketiga, ada harapan di akhir permainan. Akhir dari permainan dalam konten squid game adalan hadiah yang jumlahnya fantastis. Bagi peserta yang unggul dan memenangkan permainan.
Hal ini memberikan iming-iming dan harapan tinggi. Sehingga, kita akan berkata dalam hati. Bahwa, “Perjuangan ini sangat berarti, bisa diatasi, dan tidak terlalu sulit.” Seperti permainan anak-anak.
Meski tidak ada hadiah mahal yang ditawarkan. Umpamanya, hanya tepuk tangan dan sebuah pengakuan sebagai hadiahnya. Tapi, anak-anak akan terus semangat bermain dan bermain.
Spirit dan semangat baru
Dengan hadirnya jenis permainan jadul dalam formula konten squid game. Saya sebagai emak dari tiga anak, yang sedang dalam taraf usia bermain. Selalu berharap spirit dan semangat yang dulu pernah saya dapatkan dalam permainan engklek dan gobak sodor. Seperti rasa kebersamaan, indahnya berjuang bersama, interaksi sosial yang sehat, badan yang bugar, dan meminimalisir dampak negatif gadget. Akan hadir kembali menjadi spirit dan semangat baru dalam jiwa anak-anak generasi Z dan generasi alpha sekarang ini. (*)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H