Lihat ke Halaman Asli

KKN RDR 77 UIN Walisongo Lakukan Penanaman Pohon demi Menjaga Kelestarian di Tengah Kota

Diperbarui: 18 November 2021   16:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Anggota Kkn Kelompok 137, Isti Rofiani Yunisah melakukan penanaman pohon demi menjaga kelestarian di tengah perkotaan, kegiatan dilaksanakan di kavling nongsa, kota batam. Pada minggu ( 10/10/2021 ).

" penanaman pohon yang dilakukan adalah salah satu bentuk untuk merawat dan menjaga kelestarian bumi dari segala kerusakan karena ulah manusia, dimana dengan cara menanam pohon sebagai langkah kecil untuk penyelamatan bumi dari kerusakan alam. Tanaman yang dijadikan sebagai kegiatan Go Green yaitu pohon cabe rawit "

Kegiatan ini dilakukan bersama-sama dengan warga yang bertempat tinggal di sekitar rumah Isti Rofiani Yunisah, selaku anggota KKN Kelompok 137.

"Alasan pemilihan tanaman cabai dikarenakan selain untuk menjaga kelestarian alam di rumah-rumah perkotaan sekaligus juga agar dapat dimanfaatkan oleh warga sebagai bahan dasar untuk masakan di rumah. Hal itu tentunya akan menghemat biaya kebutuhan untuk membeli cabai, terlebih lagi harga cabai di kota Batam termasuk cukup mahal. Sehingga dengan menanam cabai di sekitar rumah akan dapat mengurangi pengeluaran rumah tangga untuk membeli cabai". Tutur Isti Rofiani Yunisah.

Selain itu penanaman tersebut dilakukan dengan tujuan sebagai bentuk rasa cinta terhadap lingkungan, dimana banyak lahan hijau yang menjadi korban dari pesatnya pembangunan di kota Batam.

Dengan adanya kegiatan seperti ini setidaknya dapat menyadarkan masyarakat untuk mulai merawat lingkungan. Tidak perlu dimulai dari hal-hal yang besar tetapi cukup dimulai dari hal-hal kecil seperti dengan menanam tanaman di sekitar rumah dan apabila dilakukan oleh semua warga maka lingkungan sekitar akan menjadi lebih hijau dan asri.

Dengan menanam pohon di sekitar rumah juga dapat membantu menyumbangkan oksigen bagi para warga yang hidup di tengah perkotaan seperti ini.

"Mulailah menanam pohon dari lingkungan terkecil kita saja dahulu, jika tidak bisa menanam pohon di hutan. Mungkin kita saat ini belum merasakan manfaatnya tetapi suatu saat anak cucu kita akan merasakan manfaat dari hasil usaha kita menanam pohon di masa sekarang ini" tandas Isti Rofiani Yunisah, anggota kelompok 137.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline