Lihat ke Halaman Asli

Fakta Unik Ikan Sapu-sapu

Diperbarui: 2 Januari 2024   00:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Apakah kalian familiar dengan gambar ikan di atas? kalau belum, mari kita kenalan dengan ikan yang satu ini!

Gambar ikan di atas adalah gambar dari ikan sapu-sapu yang memilki nama ilmiah Pterygoplichthys pardalis. Ikan sapu-sapu ini berasal dari Sungai Amazon di Amerika Selatan, namun saat ini keberadaannya sudah tersebar di beberapa negara di dunia. 

Spesies ikan sapu-sapu di Indonesia memang sudah tidak asing lagi, ikan ini dinamakan sebagai ikan sapu-sapu karena sering dimanfaatkan sebagai pembersih akuarium karena kemampuannya yang dapat menghisap kotoran dengan mulutnya. Adapula yang telah mengembangbiakkan ikan ini dengan warna-warna yang lebih menarik seperti putih albino dan kuning oranye. Keindahan warna yang dimilki ikan sapu-sapu ini seringkali menjadikannya sebagai salah satu ikan hias, dengan harga yang bersaing dengan ikan hias pada umumnya.

Namun, dibalik potensi dan keindahan warnanya, ternyata sapu-sapu dapat menjadi ancaman tersendiri bagi populasi spesies ikan-ikan lokal yang ada. Keberadaan ikan sapu-sapu di perairan umum bisa menjadi ancaman tersendiri bagi komunitas ikan lokal yang berada didalamnya karena ikan sapu-sapu mempunyai kemungkinkan untuk menjadi hama di suatu perairan. Hal ini dikarenakan ikan sapu-sapu memilki kemampuan adaptasi yang tinggi sehingga ikan sapu-sapu ini dapat mendominasi suatau wilayah perairan. 

Ikan sapu-sapu memilki habitat asli di wilayah sungai yang memiliki aliran air deras dan jernih, ikan ini juga dapat hidup di perairan tergenang seperti rawa dan danau. Ikan sapu-sapu memiliki sistem pernapasan yang unik karena ikan sapu-sapu  bernapas menggunakan dua alat pernapasan. Sistem pernapasan inilah yang menyebabkan ikan sapu-sapu memiliki kemampuan adaptasi tinggi. Pada air bersih, ikan sapu-sapu menggunakan insang untuk bernapas, sedangkan pada air keruh atau berlumpur menggunakan labirin untuk bernapas

Secara umum ikan sapu-sapu memilki ciri-ciri yang sangat mudah untuk dibedakan dengan ikan spesies lain. Ikan sapu-sapu memiliki tubuh yang ditutupi dengan sisik keras yang fleksibel. Kepala yang lebar dan membundar. Mulut ikan sapu-sapu termasuk kedalam jenis mulut penghisap, bentuk mulut ikan sapi-sapu ini seperti cak-ram atau disc, yang letaknya di bagian bawah tubuh. Pada bagian abdomen tubuh ikan terdapat pola titik-titik putih besar dengan beberapa pola menyatu. Pola yang ada di bagian abdomen ini sering dijadikan sebagai petunjuk identifikasi spesies karena setiap spesies ikan sapu-sapu ini memilki pola di bagian abdomen yang berbeda dengan spesies ikan sapu-sapu yang lain.

Ikan sapu-sapu dapat bertelur beberapa kali sepanjang musim. Pemijahan pada ikan sapu-sapu terjadi setahun sekali, dengan pola pemijahan total spawner atau memijah dengan mengeluarkan telur sekaligus. Sebelum memijah, sapu-sapu akan menggali lubang yang dipersiapkan untuk meletakkan telur-telurnya. 

Makanan ikan sapu-sapu adalah alga, ganggang bentik, detritus, cacing, ikan-ikan kecil, telur ikan dan beberapa jenis larva serangga. Selain itu, ikan sapu-sapu juga memakan beberapa tumbuhan dan fitoplankton di dasar perairan dengan cara mengikis atau menyedot sedimen secara halus. Lain halnya di tempat pemeliharaan seperti kolam dan akuarium, ikan sapu-sapu memakan lumut atau alga dan juga pakan tambahan berupa pelet, tubifex, dan beberapa bagian tanaman air.

Nah, itu dia informasi-infomasi penting mengenai ikan sapu-sapu. Setelah membaca artikel ini, apakah kalian jadi tau kenapa ikan ini diberi nama sebagai ikan sapu-sapu?

Sumber :

Qoyyimah, F. D., D. Elfidasari & M. R. Fahmi. (2016). Identifikasi Ikan Sapu-SAPU (Loricariidae) Berdasarkan Krakter Pola Abdomen Peraiaran Ciliwung. Jurnal Biologi, 20(1), 40-43.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline