Lihat ke Halaman Asli

Isti Qomah

Mahasiswa

Penilaian Menggunakan Ranah Penilaian Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik

Diperbarui: 30 Juni 2024   13:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Penilaian adalah upaya atau tindakan untuk mengetahui sejauh mana tujuan yang telah ditetapkan itu tercapai atau tidak. (Benjamin S. Bloom dan kawan-kawannya) itu berpendapat bahwa pengelompokkan tujuan pendidikan itu harus senantiasa mengacu kepada tiga jenis domain (daerah binaan atau ranah) yang melekat pada diri peserta didik, yaitu:

1. Ranah proses berfikir (cognitive domain)

Ranah kognitif adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak).  Aspek kognitif berhubungan dengan kemampuan berfikir termasuk di dalamnya kemampuan memahami, menghafal, mengaplikasi, menganalisis, mensistesis dan kemampuan mengevaluasi. Cakupan yang diukur dalam ranah Kognitif adalah: 

Ingatan (C1)

Pemahaman (C2)

Penerapan (C3)

Analisis (C4)

Evaluasi (C5)

Mencipta (C6).

        Contohnya siswa dibina kompetensinya menyangkut kemampuan melukis jaring-jaring kubus. Untuk dapat melukis jaring kubus diperlukan pengetahuan (kognitif) tentang bentuk jaring kubus dan cara melukis garis tegak lurus. 

2. Ranah Afektif 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline