Lihat ke Halaman Asli

Istika Ratna

Mahasiswa

Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP 2) di SMA Negeri 98 Jakarta

Diperbarui: 8 Desember 2023   17:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Galeri Pribadi Penulis

Galeri pribadi penulis

Program Pengenalan Lapangan Persekolahan ke 2 (PLP 2) merupakan salah satu program wajib diikuti bagi mahasiswa/i di semester 7 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (FKIP UHAMKA) dengan tujuan memberikan pengalaman secara langsung atau nyata untuk menerapkan ilmu yang sudah dipelajari di dalam perkuliahan dengan cara terjun secara langsung mengajar di kelas serta memahami administrasi yang diperlukan dalam dunia pendidikan.

Mahasiswa/i Kelompok 1 Pengenalan Lapangan Persekolahan ke 2 (PLP 2) Program Studi Gabungan di dalamnya terdapat Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Geografi, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA melakukan kegiatannya di salah satu Sekolah yaitu SMA Negeri 98 Jakarta. Kelompok 1 terdiri dari 8 anggota sebagai berikut:

  • Istika Ratna (Pend. Ekonomi)
  • Jihan Fahira (Pend. Ekonomi)
  • Junistya Gita Cahyani (Pend. Geografi)
  • Febby Andini (Pend. Geografi)
  • Yulia Inggar Sari (Pend. Bahasa Inggris)
  • Viona Mariyana (Pend. Bahasa Inggris)
  • Moh. Bhagas Manowo (Pend. Biologi)
  • Fitriana Anisa (Pend. Biologi)

Atas dukungan dosen pembimbing Dr. Roslaini, M.Hum memilih SMA Negeri 98 Jakarta sebagai sekolah tempat membina ilmu secara langsung dalam dunia pendidikan dimulai tanggal 2 Oktober 2023 sampai dengan 4 Desember 2023. 

SMA Negeri 98 Jakarta sebagai mitra menyambut kami mahasiswa dengan hangat. Mahasiswa sesuai program studi dibimbing oleh paling tidak satu guru pamong sesuai program studi masing-masing. Dalam proses pelaksanaan kegiatan bagi mahasiswa banyak sekali ilmu baru yang didapatkan terutama dalam kurikulum merdeka, dimana guru harus memberikan kebebasan kepada siswa lalu mempersiapkan kebutuhan guru untuk kegiatan pembelajaran yaitu mempersiapkan kebutuhan administrasi seperti modul ajar, penilaian dan lain sebagainya atau biasa disebut perangkat mengajar. Selain itu, kami para mahasiswa juga belajar cara menjadi Guru piket dimana kami harus menerima tamu dari luar, menjadi pusat informasi bagi siswa serta guru-guru lainnya.

Galeri pribadi penulis

Adanya pelaksanaan kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP 2) ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. untuk mahasiswa dapat menerapkan 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu pedagogik, sosial, profesionalisme serta kepribadian. selain itu, kegiatan PLP 2 ini mampu memberikan gambaran nyata tentang bagaimana menghadapi siswa dengan karakteristik yang berbeda-beda.

Galeri pribadi penulis

Kegiatan ini ditutup pada hari selasa, 12 Desember 2023 di SMA Negeri 98 Jakarta dengan cara pelepasan mahasiswa dari Sekolah SMA Negeri 98 Jakarta kembali ke Kampus FKIP UHAMKA bersama dosen pembimbing dengan penuh khidmat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline