Lihat ke Halaman Asli

Isti Annura Hadistiani

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (21107030126)

Pantai Parangkusumo

Diperbarui: 15 Juni 2022   09:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ragamtempatwisata.com

Keindahan Yogyakarta seakan tak ada habisnya untuk di eksplor. Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan provinsi yang setiap sudutnya memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi, terutama dalam sektor wisata.

Pantai merupakan salah satu tempat wisata yang selalu menjadi favorit dan juga pilihan bagi para pengunjung yang sedang berlibur di Yogyakarta. Salah satu pantai yang bisa menjadi tujuan kamu saat berlibur di Yogyakarta adalah Pantai Parangkusumo. Mungkin masih ada yang belum familiar dengan Pantai Parangkusumo ini. Pantai Parangkusumo merupakan pantai yang letaknya berdekatan dengan Pantai Parangtritis. Pantai ini terletak di sebelah timur Pantai Parangtritis. Pantai Parangkusumo memiliki banyak sekali kesamaan dengan Pantai Parangtritis. Contohnya adalah Pantai Parangkusumo dan Pantai Parangtritis sama - sama termasuk kedalam bagian pantai selatan yang sering dikaitkan dengan cerita mistis penguasa laut Nyi Roro Kidul dan pesugihan. Pantai Parangkusumo dan Pantai Parangtritis tidak memiliki batas pantai yang jelas, sehingga yang menjadi pembedanya hanyalah bentuk bangunan yang berbeda di bagian tepi daratannya. Walaupun begitu, Pantai Parangkusumo memiliki daya tarik tersendiri yang tidak bisa kamu hindari sehingga wajib untuk kamu kunjungi. Yuk simak ulasan berikut untuk mengetahui seperti apa daya tarik dari Pantai Parangkusumo itu. 

antarafoto.com

lensanasrul.com

Daya Tarik Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo diyakini oleh masyarakat setempat sebagai tempat yang sakral. Jadi jangan heran jika saat berkunjung kesana kamu akan menemukan atau pun mencium wangi sesajen yang sengaja diletakkan di beberapa titik Pantai Parangkusumo.

Selain dikenal karena kemistisannya, Pantai Parangkusumo juga dikenal karena memiliki pemandangan alam yang indah. Pantai Parangkusumo memiliki pasir hitam yang cukup lembut dan tanpa karang. Pantai Parangkusumo juga memiliki gumuk pasir yang cukup luas sehingga kamu bisa bermain sandboard ataupun menyusuri pantai menggunakan jeep.

Pantai Parangkusumo sering dijadikan sebagai tempat untuk berbagai macam acara seperti upacara labuhan, upacara melasti, festival layang - layang, acara rutin keraton, dan lain - lain. Pantai Parangkusumo memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari tempat parkir, warung makan, mushola, kamar mandi, dan masih banyak lagi.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Pantai Parangkusumo, yaitu:

Berfoto

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline