Lihat ke Halaman Asli

Istanti Surviani

Ibu rumah tangguh yang suka menulis

Bulan Ramadan, Bulan Tarbiyah

Diperbarui: 9 April 2022   23:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bulan Ramadan, Bulan Tarbiyah. Foto: Pxhere

"Puasa adalah untuk-Ku. Dan, hanya Aku yang membalasnya." (HR Ahmad)

Bulan Ramadan yang telah hadir wajib kita syukuri. Kehadirannya adalah bukti kasih sayang Allah pada hamba-hamba yang mengimani-Nya. Apa buktinya?

Orang-orang beriman terasa mudah untuk melakukan ibadah salat wajib dan salat-salat sunnah lainnya. Masjid-masjid penuh dengan jemaah salat tarawih maupun iktikaf.

Kegiatan zikir dan kajian-kajian hidup di dalamnya. Yang biasanya membaca Alquran setengah juz sehari, saat Ramadan bisa mencapai satu juz tiap harinya bahkan lebih. Keren!

Tangan terasa mudah terulur untuk berbagi dengan sesama. Infak, sedekah, zakat, wakaf menjadi program yang dilakukan setiap hari bahkan dengan jumlah yang lebih besar dari biasanya.

Kegiatan berbagi makanan untuk berbuka shaum tersebar di mana-mana. Semua bersemangat dan dipenuhi hati yang berbunga-bunga.

Semua ingin memaksimalkan amal ibadah. Semua berlomba-lomba dalam kebaikan. Semua ingin diterima amalannya, dimaafkan kesalahannya, diampuni dosanya, dihindarkan dari neraka, dan dimasukkan ke dalam surga oleh Allah.

Oleh karena itu, bulan Ramadan juga menjadi bulan tarbiyah atau bulan pendidikan setiap mukmin agar menjadi hamba Allah yang sejati. Hamba yang sebenarnya. Apa alasannya?

1) Pelaksanaan shaum Ramadan berlangsung sebulan penuh (29-30 hari.). Lebih lama dibanding ibadah salat, zakat, atau haji. Haji dilaksanakan dari tanggal 8-13 Dzulhijjah atau 6 hari saja.

2) Banyak amalan lain dihadirkan Allah di bulan Ramadan untuk melengkapi keistimewaannya. Ada shaum, salat tarawih, tadarus Alquran, dan iktikaf.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline