Lihat ke Halaman Asli

Isson Khairul

TERVERIFIKASI

Journalist | Video Journalist | Content Creator | Content Research | Corporate Communication | Media Monitoring

Kopi Terbaik di Tempat Terbaik di Galeri Indonesia WOW!

Diperbarui: 20 Maret 2016   13:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Beragam produk kopi dari pelaku UKM, Kopi Butik Indonesia. Secara tampilan, kemasan kopi dari pelaku UKM ini keren. Tersedia kopi dalam wujud kering giling, juga kopi sudah jadi bubuk, siap seduh. Plus info lengkap tentang sang kopi. Wow! Foto: isson khairul"][/caption]Kebun kopi terbaik, ada di luar Jakarta. Tapi, semua kopi terbaik, bisa kita dapatkan di Jakarta. Datanglah ke Galeri Indonesia WOW! di Gedung Smesco RumahKU di SME Tower, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Beragam kopi terbaik dari berbagai penjuru tanah air, tersedia untuk kita.

Gedung Smesco RumahKU adalah Rumahnya Koperasi dan UKM. Di sini, berhimpun ratusan pelaku usaha kecil dan menengah dari berbagai penjuru tanah air. Karena itulah, untuk mendapatkan kopi Mandailing terbaik, misalnya, kita tidak mesti jauh-jauh terbang ke Sumatera Utara sana. Pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang khusus mengolah kopi, sudah memilihkan sejumlah kopi terbaik dari berbagai daerah yang memang sudah terkenal sebagai penghasil kopi.

25 UKM Khusus Kopi

Di lantai satu Gedung Smesco RumahKU, ada satu area yang khusus menyediakan beragam produk kopi terbaik. Ada Firdaus dan Amir, dua staf setempat, yang siap melayani. Mereka bercerita, ada 25 pelaku UKM di bidang produksi kopi, yang secara teratur menyediakan produk kopi di sana. Masing-masing pelaku, setidaknya menyediakan 3 jenis produk mereka. Maka, ketika kita datang ke sana, kita punya pilihan 75 jenis produk kopi terbaik, yang diproduksi oleh saudara-saudara kita dari berbagai penjuru tanah air.

Ini tentu saja mengesankan sekaligus mengagumkan. Kita cukup datang hanya ke satu tempat, dalam hal ini ke Gedung Smesco RumahKU, dan kita leluasa memilih kopi terbaik, dari 75 jenis produk kopi yang tersedia. Wow, benar-benar Galeri Indonesia WOW! Menurut Firdaus dan Amir, ke-25 pelaku UKM tersebut, adalah mereka yang sudah teruji kemampuannya dalam memproduksi kopi. Artinya, proses produksinya sudah memenuhi standar dan sebagai pelaku usaha mereka sudah memiliki legalitas formal.

Kopi Butik Indonesia

Ketika berkunjung ke Gedung Smesco RumahKU, pada Minggu (20/3/2016), saya mencermati beberapa produk kopi dari pelaku UKM, Kopi Butik Indonesia. Secara tampilan, kemasan kopi dari pelaku UKM ini keren. Ada kemasan dari kertas karton, ada pula kemasan yang dilengkapi dengan packaging kayu yang etnik. Kemasan tersebut turut memperkuat produk yang bersangkutan, dalam konteks originalitas.

Ada Kopi Mandailing, Kopi Lintong, dan Kopi Gayo dari daratan Sumatera Utara. Juga, ada Kopi Bali. Masing-masing dikemas dengan apik, dengan desain yang berbeda-beda. Ada kemasan 150 gram dan ada pula kemasan 250 gram. Yang membuat kita leluasa memilih, tersedia kopi dalam bentuk biji kering siap giling dan tersedia pula kopi yang sudah digiling, siap seduh.

Plus Info Lengkap  

Ini memang era informasi. Dan, pelaku UKM Kopi Butik Indonesia menyadari betul hal tersebut. Pada kemasan Kopi Mandailing, misalnya, tercantum berbagai info penting terkait kopi yang bersangkutan. Kopinya jenis arabica, diproses dengan semi wash, kategorinya medium, dan berasal dari kopi yang ditanam di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut. Wow, benar-benar Galeri Indonesia WOW! Pelaku UKM ini menempatkan konsumen sebagai konsumen yang cerdas. Jadi, tidak beli kopi dalam karung.

Pada Kopi Bali, tercantum bahwa jenis kopinya arabica, tapi diproses dengan full wash. Kategorinya juga medium, berasal kopi yang ditanam di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut. Dalam konteks produk, konsumen bukan hanya diposisikan sebagai pembeli, tapi konsumen mendapatkan pengetahuan yang komprehensif tentang produk yang bersangkutan. Secara harga, cukup kompetitif. Untuk Kopi Mandailing dan Kopi Lintong, misalnya, ukuran 150 gram, harganya Rp 75.000.

Jakarta, 20 Maret 2016




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline