Lihat ke Halaman Asli

Isro Wahyu Prastiwi

pengajar di MTsN 1 Kota Subulussalam

Wujudkan Guru Ideal di Era Digital

Diperbarui: 9 Oktober 2022   00:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Menjadi guru yang ideal adalah impian dan dambaan semua guru, namun Apakah semua guru memiliki harapan ini? tidak serta merta semua harapan dan keinginan dibarengin dengan sebuah usaha yang konsistan untuk mencapai guru ideal. Bahwa tidak ada guru yang tidak bisa mengajar yang artinya bahwa semua guru memiliki kesempatan untuk menjadi guru ideal.

Bagaimana menjadi guru yang idela? Untuk mejadi guru yang ideal butuh niat yang tulus, Guru sebagai ujung tombak dari masa depan bangsa ini harus memiliki komitmen yang tinggi. Dalam menjalankan tugas guru harus menjalaninya dengan penuh kesabaran, guru yang menyenangkan bagi siswa-siwinya......Oh  wahai guru buatlah aktivitasmu sebagai hobimu sehingga tugas-tugas itu tidak menjadi beban bagimu. Wahai guru yakinlah bahwa setiap anak adalah juara.

Bagaimana guru ideal memasuki era digital?

Keberadaan teknologi menjadi suatu bagian yang berpengaruh terutama pada dunia pendidikan. Bagi seorang guru kondisi ini tentu menjadi sebuah tantangan, yang bisa mengikuti perkembangan akan bisa tergantikan oleh teknologi

Fenomena ini bisa menjadi ancaman bagi eksistensi guru, jika guru masih berkutik dan hanya fokus mengajar dengan metode pembelajaran konvensional. Namun, hal ini bukan berarti menjadi penghalang bagi guru untuk terus menebar ilmu. Sebaliknya, guru harus mempunyai semangat yang tinggi untuk beradaptasi dan meningkatkan kualitas diri dalam mengajar.

guru yang ideal harus paham bagaimana cara menjadi pengajar di era digital, berikut tips suksesnya.

Mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran

seorang guru sangat dibutuhkan kreatifitas untuk memberi perubahan pada pembelajran sehingga menjadi lebih menarik dan mendorong semangat siswa. Di era teknologi digital, ide pembelajaran bisa dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi dan internet, karena umumnya generasi muda sekarang lebih menyukai hal-hal yang up-to-date. Guru bisa mengembangkan metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan.

Menjadi seorang inovator dalam pembelajaran

Sebagai inovator pembelajaran harus senantiasa meningkatkan kemampuan dirinya, berupa kemampuan penguasaan teknologi yang mendukung terbentuknya inovasi dan penyesuaian.

Menjadi contoh/model yang relevan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline