Lihat ke Halaman Asli

Program Edukasi untuk Masyarakat dengan Membuat Hand Sanitizer Alami serta Hemat

Diperbarui: 28 Juni 2020   19:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

CARA MEMBUAT HAND SANITIZER DARI DAUN SIRIH 

kegiatan KKN Tematik Pencegahan COVID 19 Universitas Pendidikan Indonesia memiliki beberapa program kegiatan, salah satu kegiatan yang saya ambil yaitu program edukasi untuk masyarakat melalui media sosial. kali ini saya mencoba membuat hand sanitazer dengan video tutorial.

Hand sanitizer merupakan salah satu tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus. Karena hand sanitizer sudah terbukti secara klinis mampu mengurangi bakteri, kuman, dan virus yang menempel pada tangan manusia. Pada masa pandemik seperti ini hand sanitizer sangat dibutuhkan, dan kebutuhan hand sanitizer yang semakin banyak dan sulit didapat karena dibutuhkan banyak orang pada saat in, harganya pun semakin naik. Tidak semua kalangan dapat mendapatkannya, bukan hanya di kota saja yang sulit mendapatkannya di daerah pun pasti kan kesulit untuk mendapatkan hand sanitizer. Maka dari itu lebih baik membuat hand sanitizer alami yang bahan- bahanya mungkin bisa di dapat di sekitar rumah #DIRUMAHAJA bisa juga membuat hand sanitizer dengan bahan kimia seperti yang diperjual belikan di pasaran, namun bahan-bahannya cukup sulit di dapatkan juga, serta harganya tidak terbilang murah.

Maka dari itu membuat hand sanitizer alami menjadi solusi terbaik, hand sanitizer alami ada yang terbuat dari bahan daun sirih, lidah buaya, dan masih banyak lainnya. Di sini saya akan membuat hand sanitizer yang terbuat dari bahan daun sirih, karena kebetulan dirumah saya memiliki tanaman daun sirih yang membuat mudah di dapat.

Kandungan Pada Hand Sanitizer

Menurut artikel ada yang sudah meneliti kandungan daun sirih sebagai hand sanitizer itu sangat cocok, hand sanitizer yang biasanya mengandung senyawa etanol yang lebih dari 70 %. untuk membuat hand sanitizer pada umumnya, sebenarnya mudah juga. Namun, masyarakat akan sedikit kesulitan untuk mendapatkan bahan kimia ini dikarenakan beberapa syarat khusus yang harus diperhatikan serta harganya yang tidak murah juga.

Sebelumnya saya pernah membuat hand sanitizer dari daun sirih tapi tanpa ada tambahan jeruk nipis, jika hand sanitizer daun sirih saja memiliki bekas rasa pahit, jika menyentuh makanan langsung akan terasa begitu. Maka dari itu saya mencoba menambahkan jeruk nipis karena kandungan jeruk nipis yang dapat menetralkan daun sirih

Persiapkan Bahan

Bahan yang dapat dipersiapkan untuk membuat hand sanitizer alami yakni sebagai berikut:

  • Daun sirih 50 gram atau secukupnya
  •  Air bersih 200 ml atau secukupnya
  •  Jeruk nipis 8 ml (disesuaikan)

Persiapkan Alat

Alat yang perlu Anda persiapkan untuk membuat hand sanitizer yang ekonomis dan mudah yaitu antara lain:

  • Kompor
  • 2 buah panci
  •  Gelas ukur
  • Gelas plastik
  • Botol spray
  •  Pisau
  • Saringan
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline