Lihat ke Halaman Asli

Materi Pelatihan Kursus SEO

Diperbarui: 30 Oktober 2016   03:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik untuk membuat website masuk di halaman 1 Google, saat seseorang atau calon konsumen mencari (search) di Google menggunakan kata tertentu (keyword). Untuk belajar SEO, materi yang harus dipelajari adalah :

Materi Pelatihan SEO Hari I : Fundamental SEO (Dasar-dasar SEO, Search Engine Optimisation)

– Riset Keyword

Tujuannya adalah mencari data kata kunci (keyword) yang dipakai oleh calon konsumen saat mencari informasi di Google. Sehingga kita tahu dengan akurat apa yang diketik calon konsumen di Google. Kita butuh banyak data keyword ini, bukan hanya 1 atau 2 keyword saja yang dibutuhkan tapi banyak sekali, kalau perlu data puluhan sampai ratusan keyword. Bukan hanya keyword yang pendek saja (keyword utama yang biasanya terdiri dari maksimal 3 kata) tapi juga keyword panjang yang lebih dari 3 kata. Termasuk di dalamnya, kita akan belajar menggunakan aplikasi pengganti Google Keyword Planner yang sudah tidak memberikan data detail pencarian keyword bulanan (Average Monthly Search).

– Onpage SEO atau Optimasi Internal Website

Setelah data keyword kita dapatkan, selanjutnya di manakah keyword-keyword tersebut ditempat dalam website kita. Penempatan ini harus betul, agar website kita mudah dikenali oleh Google saat calon konsumen mencarinya menggunakan Google. Pertanyaan, jika kita punya puluhan bahkan ratusan keyword, di mana kita menempatkannya dengan tepat di dalam website, tanpa harus melanggar aturan Google ? Hal ini yang akan kita bahas di pelatihan tersebut. Jika peserta belum memiliki website, maka akan dipraktekan bersama-sama pembuatan website gratis menggunakan WordPress.com. Di onpage SEO ini kita akan mempelajari juga bagaimana mencari ide dan membuat artikel untuk mengisi website

– Link Building (Backlink) atau Optimasi Offpage

Adalah menyebarkan alamat website kita ke website lain. Tujuannya adalah memperbanyak referensi dari website lain. Seperti pada kehidupan nyata, sebagai pebisnis kita perlu menyebarkan kartu nama kebanyak pihak atau orang, agar kita atau produk kita mudah dikenal oleh calon konsumen. Demikian juga website, alamatnya perlu disebarkan agar mudah dikenali oleh Google, sehingga mudah masuk halaman 1 Google. Kita akan mempeljari ke mana saja menyebarkan link (nge Backlink) yang aman, sebab sekarang Google makin galak, jika kita salah melakukan strategi backlink ini, maka website kita akan susah masuk halaman 1 Google, bahkan bisa menghilang sama sekali dari Google. Di hari ke II, materi backlink ini akan kita perdalam lagi.

– Evaluation atau Mengevaluasi Penerapan SEO

Setalah kita menerapkan 3 langkah SEO : Riset Keyword, Onpage SEO dan Link Building (Backlink) langkah berikutnya adalah mengevaluasi atau memantau hasil penerapan langkah-langkah tersebut. Berapa jumlah kunjungan ke website, kata kunci apa saja yang menghasilkan kunjungan, urutan atau rangking semua kata kunci di Google. Termasuk juga mengevaluasi data backlink yang sudah dilakukan, sebab jangan sampai link yang sudah disebarkan tidak diakui oleh Google sehingga tidak bisa membantu website untuk masuk halaman 1 Google. Evaluasi ini juga memberikan data apakah website kita terjadi error yang disebabkan oleh hosting yang sering down (mati atau bermasalah) atau data error-error internal website lainnya.

Materi Pelatihan SEO Hari II : Mastering Backlink

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline