Lihat ke Halaman Asli

Apa Itu Pembicara Internet Marketing?

Diperbarui: 29 Oktober 2016   12:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Internet Marketing - Bisnis Online

Pembicara Internet Marketing adalah bagian dari profesi pengajar yang khusus mengajarkan pemasaran melalui internet (online marketing). Profesi tersebut saat ini cukup dicari orang karena semakin banyak yang mau belajar bisnis online.

Alasan mengapa kita harus belajar internet bisnis : 1. Pangsa pasar yang sangat luas dan banyak (global)

Pasar nasional sebesar 30 juta orang atau sekitar 12,3% dari total penduduk Indonesia (242 juta). Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia dari tahun 2000 – 2010 : 1400%2. Pasar tidak mengenal batas waktu (24 jam non stop)Karena perbedaan waktu dibelahan bumi. Malam hari di Indonesia, siang hari di Amerika.
3. Promo pasar bisa dilakukan dengan sangat murah bahkan gratisDengan menggunakan blog gratis, kita bisa jualan apa saja kemana saja. Modal utama hanya koneksi internet.
4. Resiko hampir tidak ada

Barang yang mau dibisniskan melalui internet tidak harus barang milik sendiri. Sehingga tidak perlu stok. Otomatis hal ini akan mengurangi resiko kehilangan modal. Materi yang diberikan pada pelatihan Internet Marketing dan SEO : 1. Melakukan riset pasar sehingga tahu apa yang diinginakan calon konsumen 2. Membuat website gratis (Blogspot) untuk jualan online 3. Melakukan Optimasi Website agar berada di halaman 1 Google (berdasarkan pengalaman jualan online sejak 2009 dan mengikuti lomba SEO dengan tingkat persaingan eksak keyword lebih dari 5.000.000). Dengan materi :

  • Onpage Optimization / Optimasi Internal (mengoptimasi : URL, Web Title, Web Description, Metatag, Post Title, Body Post)
  • Offpage Optimization / Optimasi Eksternal (mempelajari : Footprint SEO untuk mencari sumber backlink, mempelajari tipe-tipe backlink yang paling mempengaruhi posisi di Google, menggunakan Firefox untuk mencari sumber backlink yang berkualitas)
  • Analisa kompetitor untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan optimasi kompetitor

4. Mengenal Dummy Web sebagai sumber Backlink yang sulit terkejar kompetitor 5. Mempelajari Google Webmaster Tools sebagai alat evaluasi terhadap optimasi yang telah dilakukan

  • Tutorial membuat email Gmail
  • Riset pasar (kata kunci)
  • Membuat website gratis (Blogspot)
  • Materi optimasi internal (Onpage SEO)
  • Materi optimasi eksternal (Offpage SEO), termasuk cara nge-backlink yang efektif
  • Analisa kompetitor
  • Materi Google Webmaster Tools
  • Membuat dan Mengoptimasi Fanpage

Berikut adalah cara cepat belajar SEO / Optimasi :
1. Mengetahui dasar-dasar OptimasiYaitu : Riset Keyword, Onpage dan Offpage SEO. Minimal tahu definisinya.
2. Sudah memiliki obyek OptimasiMisalnya, barang dagangan, jasa atua informasi yang akan dipromokan melalui internet.
3. Melakukan Analisa KompetitorGunakan software Free Monitor For Google dan Alexa untuk melakukan analisa ini. Jadikan acuan kompetitor yang sudah berada di urutan 3 besar Google SERP (halaman 1 pencarian Google). Catatlah kekuatan Optimasi Onpage dan Offpage kompetitor4. ImplementasiLakukan Optimasi minimal sama dengan yang dilakukan kompetitor atau lebih baik.
5. EvaluasiGunakan Google Webmaster Tools, Google Analytics dan Free Monitor For Google.

Jadi, mari kita mulai sekarang belajar dari para pembicara internet marketing dan konsultan seo.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline