Lihat ke Halaman Asli

Tugas Kuliah (Abstrak Pendekatan Komunikasi Organisasi)

Diperbarui: 24 Juni 2015   22:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

PENDEKATAN KOMUNIKASI ORGANISASI
Manusia adalah mahluk sosial yang cenderung untuk hidup bermasyarakat serta mengorganisasikan kegiatannya dalam mencapai satu tujuan bahkan kita di lahirkan dalam organisasi dan didik dalam suatu organisasi. Maka tentu adanya pendekatan-pendekatan komunikasi organisasi.
Berdasarkan uraian diatas memunculkan pertanyaan untuk memecahkan masalah ini. Pertanyaan mayornya adalah bagaimana memahami pendekatan komunikasi didalam organisasi? Serta beberapa pertanyaan minornya yaitu, apa saja pendekatan komunikasi yang menjadi landasan dalam berorganisasi? Serta bagaimana proses pendekatan komunikasi dalam organisasi?.
Dalam kajian ini tentu memahami pendekataan komunikasi organisasi yaitu melihat dari konteks cara pemikiran dan perilaku-perilaku organisasi.
Menurut Pace &Feules (2001:11), mengemukakan bahwa ada dua pendekatan dalam memahami organisasi yaitu pendekatan objektif dan pendekatan subjektif. Makna “objektif” dalam konteks ini merujuk dalam pandangan bahwa objek-objek, perilaku-perilaku, dan peristiwa-peristiwa eksis di dunia nyata dan terlepas dari pengamatannya, sedangkan “subjektif” menunjukan bahwa realitas itu sendiri adalah kontruksi social, realitas sebagai suatu proses kreatif yang memungkinkan orang menciptkan apa yang di luarsana.
Teori pendekatan komunikasi organisasi Griffin (2003) dalam A First Look at Communication Theory, membahas komunikasi organisasi mengikuti teori management klasik, yang menempatkan suatu bayaran pada daya produksi, presisi, dan efisiensi.
Pendekatan komunikasi yang menjadi landasan dalam berorganisasi yaitu ada tiga. 1. Pendekatan Makro, yaitu Dalam pendekatan makro organisasidi pandang sebagai suatu struktur global yang berinteraksi dengan lingkungannya, 2. Pendektan Mikro, yaitu Pendekatan ini terutam memfokuskan kepada komunikasi dalam unit dan subunit pada suatu organisasi, 3. Pendekatan Individual, yaituPendekatan individual berpusat kepada tingkah laku komunikasi individual dalam organisasi. Dan ada Menurut Goldhaber (1990), yang namanya organisasi sekurang-kurangnya meliputi empat pendekatan yaitu: pendekatan ilmiah, pendekatan hubungan antar manusia, pendekatan system dan pendekatan budaya, sedangkan menurut Mulyana (2011), menyatakan bahwa pendekatan dalam suatu organisasi meliputi empat pendekatan yaitu: Pendekatan Struktur dan fungsi organisasi, pendekatan hubungan masyarakat, pendekatan komunikasi sebagai proses pengorganisasian dan pendekatan organisasi secara kultur. Proses dalam pendekatan sendiri yaitu tergantung cara pendekatan yang seperti apa yang kita ambil.
Kesimpulan dari pembahasan ini adalah walaupun pendekatan-pendekatan komunikasi berbeda-beda tapi pada intinya yaitu proses berjalannya pendekatan komunikasi organisasi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline