Lihat ke Halaman Asli

Isnaini IzzatinNisa

Mahasiswa - Mahasiswa Prodi Farmasi UMM

Branding UMKM Tahu Binangun melalui Optimalisasi Media Sosial

Diperbarui: 19 Agustus 2024   19:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pengemasan tahu Anugrah Pak Karlan/dokpri

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) Bhaktiku Negeri Gelombang 2 Kelompok 61. PMM merupakan salah satu program yang ada dibawah naungan Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang dengan Dosen Pembimbing (DPL) yakni Nafik Muthohirin, S.Pd. I., MA, Hum. Kegiatan ini diketuai oleh Rizal Akmal Pratama (202210210311009) yang beranggotakan Moh. Fairuz Abadi (202210210311024), Prihan Dwi Santika (202210210311093), Isnaini Izzatin Nisa (202210410311260), Retno Dwi Yunita (202210410311319).

UMKM, merupakan singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang mencakup beragam bisnis yang dikategorikan berdasarkan omset tahunan mereka, volume aset, dan jumlah karyawan. Usaha-usaha ini memainkan peran penting dalam perekonomian, khususnya di Indonesia, di mana mereka dianggap sebagai tulang punggung pertumbuhan ekonomi bangsa. Namun, ternyata masih banyak UMKM yang sulit untuk bersaing di pasar (baik lokal maupun luar) dikarenakan belum mengenal atau menggunakan digitalisasi dalam usahanya. Selain itu, UMKM ini juga masih tidak memiliki logo sebagai identitas produk maupun usahanya.

Maka dari itu untuk meningkatkan daya saing UMKM Tahu di pasaran, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang melakukan kegiatan Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat (PMM) di Desa Binangun, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur. Adapun program yang dibawa dan diberikan yaitu pelatihan media sosial kepada UMKM, Labeling produk, dan Pembuatan konten untuk branding di media sosial.

PMM gelombang 2 kelompok 61 memberikan pengetahuan tentang bagaimana packaging yang menarik dan dapat menjadi identitas UMKM tahu saat diapasarkan, selain itu kami memberikan pelatihan penggunaan media sosial agar mampu mengoptimalkan branding produk dalam pengembangan usaha tahu. Lalu kami juga memberikan edukasi berupa pembuatan akun dan konten (produksi hingga pemasaran) pada UMKM tahu. Pelatihan ini diharapkan bisa membantu UMKM yang berada di Dusun Tambimaron Desa Binangun.

UMKM tahu di Dusun Tambimaron Desa Binangun sangat antusias pada pelatihan ini karena mereka mengupload konten melalui akun yang kami buat. Koloborasi antara PMM kelompok 61 gelombang 2 UMM dan UMKM tahu di Dusun Tambimaron Desa Binangun mampu memberikan dampak positif karena dengan adanya kegiatan pemberian pengetahuan pelaku usaha UMKM tahu mengetahui bagaimana meningkatkan branding melalui media sosial.

Kami selaku PMM Universitas Muhammadiyah Malang Kelompok 61 gelombang 2 menyampaikan banyak terima kasih kepada UMKM tahu di Dusun Tambimaron Desa Binagun yang mengizinkan kami sehingga dapat membantu kegiatan dalam  pelaksanakan kegiatan pelatihan packaging dan penggunaan media sosial.

pengemasan tahu Anugrah Pak Karlan/dokpri

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline