Lihat ke Halaman Asli

Trik Belajar dirumah Menjadi Efektif

Diperbarui: 27 Januari 2021   22:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berawal hanya keinginan saja namun sekarang menjadi kenyataan. Keinginan itu mungkin hampir semua siswa/i memfikirkan  hal yang dulu itu mustahil tapi sekarang kita sedang merasakannya yaitu ingin berlibur lebih dari 2 minggu. Yah, tetapi sekarang justru sudah berbulan - bulan bahkan mau setahun kita BELAJAR DIRUMAH.

Bosan? Bete? Tentu saja YA. Karena tidak bisa berkumpul bareng dengan teman - teman berbagi cerita, mengerjakan tugas bareng dan yang pasti true story banget nih buat yang masa perkenalan sekolahnya atau kuliah melalui daring tidak mempunyai cerita ketika kita diOSPEK. Hehe bener kan?. Sudah 10 Bulan lebih semua aktivitas belajar dilakukan di rumah lebih tepatnya dimeja belajar. Jujur saja, saat ada pemberitahuan libur 2 minggu merasa senang karena bisa berdiam diri di rumah. Namun, untuk 2 minggu selanjutnya saat membosankan. Pemerintah menerapkan program Social Distancing dan Stay at Home. 

Belajar dirumah pun menjadi solusi pelaksanaan pendidikan di tengah wabah virus Corona. Setiap harinya jumlah korban terinfeksi semakin meningkat dan berpeluang besar belajar dirumah pun semakin dilanjutkan. Kegiatan belajar dirumah, guru - guru sering kali hanya memberikan tugas, tugas, dan tugas tanpa memberikan pemahaman materi terlebih dahulu. Namun, Pak Nadiem selaku Menteri Pendidikan Indonesia melarang guru-guru untuk memberikan tugas kepada siswa/i nya dan siswa/i diminta untuk belajar melalui siaran televisi nasional. "Berdasarkan survei dari orang tua dan murid, hambatan terbesar yang dihadapi murid saat belajar dari rumah adalah kurangnya akses internet dan perangkat elektronik yang mendukung," kata Spesialis Pendidikan UNICEF Nugroho Warman. “Orang tua juga harus fokus pada kewajiban lain untuk menghidupi keluarga mereka, yang akhirnya membuat mereka kurang memiliki waktu untuk membantu anak-anak mereka.” Untuk mengatasi hal ini, Pemerintah Indonesia menyiarkan program TV edukasi “Belajar dari Rumah” lewat TVRI untuk membantu anak-anak belajar dari rumah. Program tersebut, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyiarkan acara dari Senin hingga Jumat untuk anak-anak usia sekolah dari prasekolah hingga Sekolah Menengah Atas yang mencakup berbagai bidang, termasuk program pengasuhan anak.  Selain itu, ada beberapa sekolah memfasilitasi layanan pendidikan berbasis online yaitu Ruangguru.

Masalahnya belajar dirumah itu tidak sama dengan belajar disekolah seringkali belajar dirumah tidak sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu kita perlu Trik Belajar dirumah Menjadi Efektif 

1. MENGATUR WAKTU BELAJAR DENGAN BAIK
Dengan cara, menyamakan waktu belajar dirumah kalian dengan waktu belajar kalian disekolah. Jika kamu jam 8 pagi hari senin sedang belajar matematika disekolah diusahkan dirumah pun disamakan dan jangan lupa ISTIRAHAT.

2. MEMILIH TEMPAT BELAJAR TENANG DAN NYAMAN
Ada orang yang suka ketenangan dalam belajar harus tenang banget bahkan, suara nyamuk lewat aja "waduh mengganggu konsentrasi". Tapi ada juga orang yang suka belajar dengan mendengarkan musik, jadi saat belajar mereka harus mendengarkan musik baik itu musik klasik, musik pop, bahkan musik rock bebas. Apapun itu yang paling penting adalah kalian tau yang mana membuat kamu bisa lebih efektif untuk belajar!  

3. JANGAN SAMPAI KETINGGALAN INFORMASI
Pastikan kalian masih berada dalam jangkaun guru. Pastikan kalian bergabung dengan fasilitas pembelajaran yang digunakan guru. Seperti via WhatsApp Grup (WAG), Zoom, ataupun YouTube.

4. GUNAKAN INTERNET SEBAGAI PANDUAN
Mungkin kalian masih bingung bagaimana menggunakan aplikasi pembelajaran dari guru kalian, bagaimana mengirim tugas, ataupun presentasi secara online. Sementara guru juga memiliki keterbatasan menjawab semua pertanyaan siswa. Kalian bisa searching informasi pengunaannya melalui internet dan kalian bisa melihat berbagai tutorial berkaitan dengan pemebelajaran kalian yang bisa kalian ikuti sebagai panduan.

5. JANGAN MENUMPUK TUGAS YANG DIBERIKAN
Pembelajaran Jarak Jauh bukanlah livuran panjang bagi siswa/i. Kalian harus tetap mengikuti tatap muka secara online yang diberikan guru. Menumpuk tugas harus dihindari agar tidak stress saat sudah memasuki deadline. Sebenarnya diri kalian tu rajin kok hanya saja banyak penyebab diri kalian menjadi terlambat dan bahkan tidak mengerjakan tugas. Contoh bermain game dan scroll - scroll TikTok, IG, YouTube DLL.

6. TETAP STAY COOL
Mungkin akan ada guru yang memberikan tugas secara berlebihan. Tetap tenang dan jangan panik. Panik berlebihan bisa berefek negatif bagi diri kalian seperti kalian susah tidur, susah berkonsentrasi, jangtung berdebar - debar, dan mudah lelah yang isa berujung pada penurunan sistem imunitas tubuh kalian. Bahaya banget kan disaat kondisi seperti ini imunitas tubuh harus dijaga jangan sampai kita tertular virus CORONA ini.

7. HIBURLAH DIRI KALIAN
Beraktifitas dirumah itu sangat membosankan. apalagi kalau harus sampai berbulan-bulan. Setelah menyelesaikan pembelajaran kalian bisa menghibur diri (me time) dengan makan makanan yang kalian suka dan tentunya makanan sehat ya atau mencari aktifitas yang menurut kalian menyenangkan. Hiburan sangat penting untuk mengningkatkan mood kalian selama dirumah. Agar kalian tetap bersemangat mengikuti pembelajaran berikutnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline