Lihat ke Halaman Asli

Program Edukasi Pencegahan Covid-19 dalam KKN Tematik PPD Covid-19 UPI

Diperbarui: 31 Desember 2020   15:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Pandemi Covid-19 saat ini menyebabkan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dilaksanakan di daerah tempat tinggal masing-masing mahasiswa. Kegiatan KKN Tematik UPI kali ini disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat. Selain itu, KKN Tematik UPI difokuskan pada pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan dan ekonomi dimasa adaptasi kebiasaan baru. Dengan demikian, dari kegiatan ini diharapkan mahasiswa mampu memberikan edukasi mengenai adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi Covid-19 dan berkontribusi dalam mengatasi masalah di bidang pendidikan dan ekonomi.

Salah satu program yang ada pada KKN Tematik PPD Covid-19 UPI adalah program edukasi pencegahan Covid-19. Sasaran yang penulis pilih dari kegiatan ini adalah guru dan peserta didik kelas 1 dan kelas 6 di SD Negeri Cimenteng Desa Sukamulya Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi. Kegiatan yang telah penulis lakukan dalam program tersebut diantaranya adalah pembuatan dan sosialisasi media edukasi daring berupa video tentang protokol kesehatan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan pada masa pandemi Covid-19, cara membuat hand sanitizer dengan bahan alami, dan cara mudah membuat masker kain. Media edukasi tersebut penulis sosialisasikan melalui grup WhatsApp kelas. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan informasi untuk mencegah penyebaran Covid-19 di satuan pendidikan serta mendorong peserta didik produktif dan mampu membuat hand sanitizer dan masker sendiri.




Kegiatan lain dari program edukasi pencegahan Covid-19 yang telah penulis lakukan adalah merancang dan membuat hand sanitizer dan masker untuk pencegahan Covid-19.  Dalam pembuatan hand sanitizer dan masker penulis memanfaatkan bahan-bahan dan alat-alat yang mudah ditemukan. Untuk pembuatan hand sanitizer bahan utamanya adalah daun sirih dan jeruk nipis, sedangkan untuk pembuatan masker bahan utamanya adalah kain. Penulis membuat 60 hand santizer (30 ml/botol spray) dan membuat 60 masker yang didistribusikan kepada peserta didik kelas 1 dan kelas 6 di SD Negeri Cimenteng.

Dok. pribadi

Pendistribusian hand sanitizer dan masker dilakukan melalui guru SD Negeri Cimenteng. Pendistribusian dilakukan pada Sabtu, 19 Desember 2020. Guru memberikan hand sanitizer dan masker kepada peserta didik dengan memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku selama pandemi Covid-19. Salah satu guru SD Negeri Cimenteng yakni Ibu Rodiah menuturkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peserta didik terutama dalam pembelajaran tatap muka selama Pandemi Covid-19 yang direncanakan akan dilakukan pada semester yang akan datang secara bertahap sesuai dengan protokol kesehatan dan anjuran pemerintah.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline