Lihat ke Halaman Asli

Taman Loka Jaya Menjadi Ikon Desa Tengguli

Diperbarui: 8 Juni 2021   13:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Foto dari Instagram @Tamanlokajaya)

Mati satu tumbuh seribu, begitulah kata pepatah. Sama halnya dengan tempat wisata yang terus muncul diberbagai daerah Indonesia mulai dari kota hingga pelosok desa. Salah satu wisata yang viral dengan lebih dari 45 ribu pencarian sebelum launching yaitu Wisata Taman Loka Jaya yang berada di Desa Tengguli, Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara.

Taman Loka Jaya sudah menjadi ikon wisata di Desa Tengguli yang layak dinikmati dengan sejuta pemandangan, bunga, panorama serta aliran sungai di Sawah dan kicau burung yang berterbangan yang menambah suasana indah dan menyenangkan. Oleh karena itu banyak wisatawan yang berkunjung menikmati pemandangan yang ada walaupun saat ini pembangunan taman belum sepenuhnya selesai.


Kata Farid, awal rencana pembangunan taman dimulai pada bulan juni 2020, Perkiraan anggaran sesuai dengan masterplan menelan biaya sekitar 10 M. saat ini biaya pembangunan kurang lebih 300 juta.


"Yang baru proses pembangunan kolam renang yang ditargetkan pada bulan Agustus bisa dinikmati oleh pengunjung terutama dikalangan anak-anak, jadi nanti peminatnya bertambah besar dan tentunya itu akan menambah pemasukan." Ujar Farid saat diwawancarai pada tanggal 25 Mei 2021.

Dia menambahkan,  wisata Taman Loka Jaya menampilkan pemandangan yang indah seperti sawah yang sangat luas, sungai yang mengalir di sebelah persawahan, pegunungan,  dan panorama sunset.

 Untuk bisa sampai ke Taman Loka Jaya memang agak susah untuk orang yang tidak tau Desa Tengguli, karena lokasi taman tersebut berada dipelosok Desa Bangsri, disarankan untuk bisa membuka di Google Maap dengan pencarian Taman Loka Jaya.


"Taman Loka Jaya selain memiliki pemandangan yang indah, juga memiliki beberapa fasilitas bagi pengunjung, seperti WC yang sudah berstandar Nasional, warung, tempat parkir, dan gazebo untuk pengunjung bersantai ria. Salah satu tempat yang biasanya menjadi favorit wisatawan adalah Gardu Pandang, karena pemandangan yang langsung menuju ke sawah dan sungai. Bahkan ketika cuaca cerah dipagi hari pemandangan pulau Panjang akan nampak dari Gardu Pandang tersebut," imbuhnya.


Untuk pemeliharaan kata Farid setiap pengunjung dikenakan biaya parkir Rp.3000 untuk sepeda motor Rp.10.000 untuk mobil, dari hasil tersebut terkumpul 10 juta per minggu.


Sementara itu menurut Lisa, salah satu pengunjung dari Senenan  merasa sangat senang dapat menikmati pemandangan alam yang natural di Taman Loka Jaya.


"Udara yang sejuk serta view yang sangat bagus untuk spot foto kekinian," ujar Lisa.

(Ismi.R)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline