Lihat ke Halaman Asli

Instrumen Evaluasi Objektif sebagai Pengukuran Pemahaman Siswa di Sekolah

Diperbarui: 18 April 2024   14:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pada pengajaran disekolah untuk mengukur pemahaman siswa pada suatu materi yang diberikan oleh seorang guru pastinya memerlukan evaluasi sebagai pengukuran sejauh mana siswa dapat memahami penjelasan dari guru tersebut. Akan tetapi sebagai implementasi evaluasi memerlukan sebuah alat atau bisa disebut dengan instrumen evaluasi.

                Alat atau instrument evaluasi ini dapat membantu guru dalam melaksanakan evaluasi, tanpa instrumen tidak dapat melaksanakan evaluasi, maka dari itu alat yang bisa digunakan oleh guru dalam mengevaluasi peserta didik yaitu instrument objektif atau tes Objektif adalah jenis tes tertulis di mana siswa diminta untuk memilih jawaban yang telah disediakan atau memberikan jawaban singkat. Pemeriksaan dilakukan secara objektif dan seragam terhadap semua siswa.

                Tes objektif ini ada beberapa macam seperti:

  • Pilihan ganda                                                                                                                                                                                                                                         Pilihan ganda adalah tes dimana setiap butir soalnya memiliki jumlah alternatif jawaban lebih dari satu. Jumlah aternatif jawaban berkisar antara dua sampail lima, dan hanya ada satu jawaban yang benar. Peserta didik diminta untuk memilih jawaban yang mereka anggap benar dari pilihan yang tersedia. Tes ini mudah dipahami karena memberi siswa opsi untuk memilih jawaban yang paling tepat dari beberapa alternatif yang disediakan. Tes pilihan ganda dapat dinilai dengan mudah, cepat, dan memiliki obyektifitas yang tinggi untuk mengukur tingkat kognitif peserta didik. Bentuk tes ini sangat cocok digunakan pada ujian yang berskala besar dan hasilnya harus segera diumumkan, seperti ujian akhir sekolah.
  • Pilihan Benar-Salah                                                                                                                                                                                                                       Bentuk tes Benar-Salah (B-S) adalah soal yang mengandung dua kemungkinan jawaban, yaitu benar atau salah. Fungsi bentuk soal benar salah adalah untuk mengukur kemampuan peserta didk untuk membedakan antara fakta dengan pendapat. Siswa tidak perlu menyusun jawaban sendiri, melainkan hanya memilih salah satu opsi yang paling sesuai dengan kebenaran pernyataan yang diberikan.
  • Menjodohkan                                                                                                                                                                                                                                        Tes menjodohkan yaitu bentuk tes yang terdiri atas kumpulan soal dan kumpulan jawaban yang keduanya dikumpulkan pada dua kolom yang berbeda, yaitu kolom pertanyaan sebelah kiri dan kolom jawaban sebelah kanan. Tugas murid ialah mencari dan menempatkan jawaban-jawaban sehingga sesuai atau cocok dengan pertanyaan. Bentuk tes ini digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi informasi berdasarkan hubungan yang sederhana dan kemampuan menghubungkan antara dua hal. Semakin banyak hubungan antara premis dengan respon dibuat, maka semakin baik soal yang disajikan.
  • Isian singkat                                                                                                                                                                                                                                           Tes isian singkat adalah jenis tes di mana siswa diminta untuk memberikan jawaban singkat atau pendek sesuai dengan pertanyaan atau pernyataan yang disediakan oleh guru. Biasanya, siswa diminta untuk mengisi ruang kosong atau tempat yang telah disediakan dengan jawaban yang tepat atau relevan.                                                                                                                                             Dari jenis-jenis alat tes objektif diatas guru dapat memilih satu diantara instrument tersebut, dalam penilaianpun harus objektif dan tidak boleh subjektif, berarti dapat terukur pemahaman siswa dari tes objektif dan akan mendapatkan hasil tanpa rekayasa karena itu real hasil dari siswa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline