Hallo para pembaca artikel ini. Berikut ini saya akan menguraikan sedikit tentang lingkungan pendidikan. Semoga dapat dipahami dan dapat bermanfaat bagi kita semua yah. Jangan lupa like and share, dan jika ada pertanyaan bisa ditulis di kolom komentar yaa.. selamat membaca.
Pengertian Lingkungan Pendidikan
Lingkungan, berarti kesatuan ruang dan semua benda, daya, keadaan, dan mahluk hidup, termasuk manusia dan perilakungya, yang mempengaruhi kesejahteraan dan peri kehidupan manusia serta mahluk hidup lainnya.
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencan untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran atau pelatihan agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya supaya memiliki kekuatan spritual keagamaan, emosional, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
Jadi, secara umum lingkungan pendidikan dapat diartikan sebagai suatu faktor berlangsungnya proses pendidikan berupa lingkungan tempat bersosial. Lingkungan pendidikan memiliki peran penting dalam pembentukan karakter seseorang. Karena dalam prosesnya, pendidikan seorang anak justru didapat dari lingkungan terdekatnya, dari keluarga, sekolah dan masyarakat.
Demi terwujudnya proses pendidikan yang baik, maka lingkungan pendidikan juga harus mendukung. Tanpa adanya lingkungan yang mendukung, maka pendidikan juga tidak akan berjalan dengan lancar. Karena, dalam suatu pendidikan terjadi suatu proses belajar mengajar yang tidak terlepas dari lingkungan sosialnya.
Lingkungan pendidikan secara garis besarnya oleh Ki Hajar Dewantoro dibagi menjadi tiga yang disebut dengan Tri Pusat Pendidikan, yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat.
1. Pendidikan dalam Lingkungan Keluarga (Lingkungan Pendidikan Informal)
Keluarga merupakan lingkungan yang pertama dan utama bagi anak yang memberikan sumbangan bagi perkembangan dan pertumbuhan mental maupun fisik dalam kehidupannya.
Keluarga sebagai lembaga pendidikan mempunyai peranan penting dalam membentuk generasi muda. Keluarga disebut pula sebagai lembaga pendidikan informal.
Pendidikan informal adalah kegiatan pendidikan yang tidak diorganisasikan sacara struktural dan tidak mengenal sama sekali penjenjangan kronologis menurut tingkatan umum maupun tingkatan keterampilan dan pengetahuan.