Lihat ke Halaman Asli

Isma Yunianti

Sebuah narasi yang bermanfaat

Inovasi Pendidikan pada Pelaksanaan KKN Covid-19

Diperbarui: 21 Juli 2020   03:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bogor, Juli 2020 - Kuliah Kerja Nyata atau disebut juga dengan KKN mungkin tidak asing di telinga masyarakat. Kegiatan KKN ini identik dengan terjun dan mengabdi kepada masyarakat secara langsung . Begitu pula dengan Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) yang tiap tahunnya mengirimkan mahasiswa untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan KKN. 

Akan tetapi, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini UNS mengusung model KKN dengan inovasi dan sesuai dengan keadaan sekarang ini yaitu KKN UNS Tanggap Covid-19 dengan tujuan untuk berkontribusi dalam penanganan serta pencegahan penularan Covid-19 yang sudah menyebar di hampir seluruh wilayah Indonesia. KKN UNS Tanggap Covid-19 ini dilaksanakan secara daring dan sesuai dengan protokol kesehatan. Di wilayah tempat tinggal masing-masing mahasiswa.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret, Isma Illia Shara Y. melaksanakan kegiatan KKN dengan tema Pendidikan di Masa Covid-19. Lokasi kegiatan KKN berada di Desa Bojong, Primavera Residence, RT 02 RW 10 , Kec. Klapa Nunggal, Kab. Bogor, Jawa Barat. Bertujuan untuk edukasi dengan media pembelajaran dalam pendidikan di masa Covid-19 yang menyenangkan, meningkatkan pemahaman tentang pencegahan dan penularan covid-19, dan memberikan edukasi pemakaian dan pembuatan masker, faceshield,  dan penanaman sekaligus mempelajari manfaat dari TOGA (Tanaman Obat Keluarga).

Kegiatan yang dilakukan berupa edukasi melalui metode langsung dengan protokol kesehatan. Program yang dilaksanakan berupa tata cara mencuci tangan dengan baik dan benar, peyemprotan desinfektan, penanaman TOGA, membuat pupuk dari cangkang telur, mewarnai poster tentang Covid-19 dan edukasi dengan media pembelajaran berupa ular tangga dengan 3 bidang yaitu PAI (Pendidikan Agama Islam), Matematika, dan Bahasa Inggris.  Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan sejak 2 Juni 2020 hingga 17 Juni 2020. Di akhir kegiatan ada pembagian buku, tempat pensil limited edision KKN Covid dan juga alat tulis serta masker sebagai kenang-kenangan. Hasilnya adik-adik dan orang tua merespon positif dengan adanya KKN relawan Covid-19 yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan memberikan kesan dan kesibukan baru bagi adik-adik di masa pandemi ini. Selain itu meningkatnya kesadaran untuk pencegahan penularan pandemi dan mematuhi protokol kesehatan lebih nampak dari pada sebelum adanya KKN serta langkah-langkah yang perlu diambil untuk menghadapi new normal di tengah pandemi ini. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline