Lihat ke Halaman Asli

Ismaliyah Yusuf Rangkuti

Penulis Terpilih Sayembara Menulis Cerita Anak BBSU 2020

Pergi untuk Kembali: Social Exchange Theory dalam Hubungan Hanggini dan Luthfi

Diperbarui: 1 Januari 2024   18:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

instagram.com/hanggini

Seperti dilansir oleh Lambeturah.co.id -- Artis Hanggini resmi menikah dengan mantan kekasihnya Luthfi Aulia pada tanggal 2 Desember 2023. Kabar Bahagia ini sontak mengejutkan para penggemarnya yang sebelumnya tidak melihat adanya persiapan pernikahan yang dilakukan oleh keduanya, namun Hanggini secara tiba-tiba membagikan foto pernikahannya di akun Instagram pribadi miliknya @hanggini.

Hanggini dan Luthfi adalah sepasang artis yang bertemu pertama kali pada tahun 2016 saat melakukan cover lagu bersama. Mereka menyanyikan lagu Closer milik The Chainsmokers dan Berawal dari Tatap milik Yura Yunita. Berawal dari pertemuan ini, Hanggini dan Luthfi kembali dipertemukan dalam sebuah produksi film sebelum akhirnya menjalin hubungan pada tahun 2018. Setelah melewati masa berpacaran harmonis, mereka dikabarkan putus pada tahun 2019. Hanggini dan luthfi mengalami fase galau yang cukup serius, hingga tidak saling bertukar kabar satu sama lainnya. 

Selama masa berpisah, Hanggini dikabarkan menjalin kasih dengan lawan mainnya di film Geez and Ann yaitu Junior Roberts pada tahun 2020 lalu putus di tahun 2021. Sedangkan Luhtfi sama sekali tidak menjalin kasih dengan siapapun sejak mereka berpisah.  Jika dikaji dalam tahapan social exchange theory maka situasi ini merupakan gambaran/rewards yang dirasakan oleh Hanggini sebagai upaya mempertimbangkan kesetiaan Luthfi terhadap dirinya untuk menjalin hubungan kembali.

Berdasarkan podcastnya di dalam channel youtube "Famous Allstars", Luthfi mengatakan bahwa ia akan tetap setia menunggu Hanggini kembali, dengan usaha menjadikan dirinya lebih baik dari sebelumnya. Usaha lain yang dilakukan luhtfi selain menunggu dan memperbaiki diri adalah dengan menciptakan beberapa lagu khusus untuk Hanggini, lagu tersebut berjudul "Katamu Dahulu dan Langit Favorit". Selain daripada itu, Luthfi juga tetap menjadi orang yang selalu ada untuk Hanggini dalam situasi apapun, terlebih ia tak pernah lupa merayakan hari ulang tahun Hanggini meski telah berpisah. Salah satu bentuk pengorbanan yang Luthfi lakukan adalah menciptakan sebuah lagu untuk hari spesial Hanggini yang berjudul "H".

Komunikasi keduanya semakin berjalan dengan baik, sampai akhirnya Hanggini memutuskan untuk menerima Luhtfi kembali. Maka dalam situasi ini, Hanggini masuk dalam tahapan pengorbanan/cost dalam tahapan social exchange theory, dimana perbuatan dan perlakuan Luthfi untuk meyakinkan Hanggini bahwa ia telah berubah semakin terbukti.

Setelah melalui tahapan pengorbanan, nyatanya Hanggini menuju pada level perbandingan dalam tahapan social exchange theory. Pada level ini Hanggini mulai mencoba membandingkan pasangannya yang sebelumnya dengan Luthfi sehingga Hanggini menemukan keuntungan yang ia dapatkan dengan pengorbanan masing-masing dari keduanya. Pada level ini, Hanggini menilai bahwa pasangannya yang sekarang jauh lebih baik dari pasangannya yang sebelumnya. Hal ini sejalan dengan pemberitaan perselingkuhan Junior Robert yang dilansir oleh wowkeren.com yang menjadi salah satu alasan Hanggini kembali dengan Luthfi.

Dengan melihat pengorbanan dan keuntungan yang ia dapatkan dari pasangannya, baik dalam bentuk perlakuan, perbuatan, komunikasi dan kasih-sayang. Setelah mendapatkan hasil dari perbandingan ini, Hanggini dan Luthfi memutuskan untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius. Hal ini dibuktikan dengan unggahan kedekatan Hanggini dan Luthfi yang mulai kembali di publikasi di media dan hubungan harmonis keduanya dengan keluarga masing-masing. Adapun tahapan social exchange theory terakhir adalah tentang keunggulan komparatif, social exchange theory mengatakan bahwa jika alternatif pertama lebih menguntungkan daripada yang ada saat ini, maka alternatif yang pertama akan dipertahankan, dan alternatif yang kedua akan dieliminasi. 

Dalam hal ini, Hanggini memilih Luthfi sebagai alternatif kedua untuk melanjutkan hubungannya ke jenjang pernikahan setelah menilai keuntungan, pengorbanan, dan perbandingan yang ia dapatkan dari Luthfi dibandingkan kembali pada pasangan sebelumnya yaitu Junior Roberts sebagai alternatif pertama.

Dalam analisis hubungan Hanggini dan Luhtfi tersebut sangat jelas terbukti bahwa dalam mengambil keputusan untuk kembali menjalin hubungan dengan Luthfi hingga memutuskan untuk menikah pada Desember 2023, Hanggini telah melewati empat tahapan social exchange theory pada proses hubungannya. Dimana ia memutuskan untuk terus melanjutkan hubungannya dengan Luthfi setelah menilai dan mempertimbangkan pengorbanan dan keuntungan yang ia dapatkan dari mantan kekasihnya tersebut. 

Hal ini tentunya tidak lepas dari proses komunikasi yang terus diperbaiki oleh Luthfi untuk Hanggini, meski awalnya Hanggini tidak memberikan respon yang baik namun atas kegigihan Luhtfi yang terus berusaha berkomunikasi dengan Hanggini lewat karyanya dan teman-temannya, Hanggini membuka ruang bagi Luhtfi untuk membuktikan diri bahwa Luthfi layak untuk diterima kembali dalam jenjang pernikahan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline