Strategi Pemasaran Produk dan Jasa
Dalam pemasaran produk, produk dapat dipisahkan dari produsennya, sehingga mereka tahan lama dan dapar diiventerisasi. Sebaliknya, dalam layanan pemasaran jasa, layanan tidak lepas dari sumbernya, yaitu penyedia layanan.
Jadi menurut saya pemasaran produk dan jasa tidak bisa dilakukan dengan strategi yang sama karena diliat dari karakteristiknya sudah berbeda. Produk fisiknya bisa dibeli, bisa dilihat ataupun bisa disentuh dan memiliki batas ketahanan contohnya produk makanan yang memiliki batas tanggal kadarluwarsa, sedangkan jasa sebuah manfaat yang tidak memiliki bentuk fisik dan biasa diberikan kepada konsumen berupa fasilitas atau manfaat.
Hubungan Bauran Pemasaran dan Strategi Pemasaran
Dalam bauran pemasaran adayang namanya 4P yaitu, Product (produk), Price (harga), Place (tempat), dan Promotion (promosi). Untuk mencapai itu semua perlunya kita melakukan strategi marketing mix atau bauran pemasaran sebagai landasan dan modal utama untuk bisnis mencapai tujuan yang diinginkan.
Maka dari itu hubungan bauran pemasaran dan strategi pemasan sangat penting guna memungkinkan suatu perusahaan untuk mengelola elemen-elemen pemasaran secara terpadu dan terkoordinasi, dan kita dapat mengetahui sisi mana yang dapat diunggulkan agar tidak kehilangan loyalitas pelanggan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H