Lihat ke Halaman Asli

Isma Isma

Mahasiswi

Dasar-dasar Pemasaran

Diperbarui: 20 Maret 2024   23:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pentingkah Melakukan Manajemen Pemasaran?

Pemasaran bagi suatu perusahaan sangat penting untuk memberikan semacam layanan penjualan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam era sekarang pemasaran sangat penting untuk membantu menghubungkan kegiatan produksi dan konsumsi oleh konsumen serta masyarakat. Membuat perusahaan atau organisasi lebih kreatif dalam mengenalkan dan mempromosikan produknya.

Ruang lingkup dalam pemasaran

Pemasaran melibatkan berbagai proses dalam tahapan pelaksanaannya, kita sebagai produsen harus mencari tahu tentang apa saja kebutuhan para konsumen, membuat produk dan jasa dengan mutu terbaik dan terjamin kualitasnya, menetapkan harga atas produk atau jasa (strategi harga), mempromosikan dan kemudian mengirimkannya ke pasar atau perusahaan. Ketika melakukan proses promosi, kita akan menargetkan orang-orang yang sesuai dengan target produk yang di pasarkan.

Konsep dasar dalam manajemen pemasaran

Untuk apasih konsep pemasaran itu? Konsep pemasaran diterapkan agar perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dan kepuasan para konsumen tetap terpenuhi. Tetapi, tidak hanya itu agar rencana bisnis berjalan sesuai target, maka kamu perlu memikirkan strategi dan teknik promosi untuk mencapai konsep pemasaran yang baik. Berikut ini konsep dasar pemasaran dalam manajemen pemasaran:

1. Penentuan produk

Dalam penentuan produk untuk perencanaan pemasaran, kita harus mengetahui segmentasi pasar yang kita punya, bagaimana bentuk produknya, bgaimana bentuk kemasannya, desain kemasannya serta melakukan split testing atau pengujian terpisah untuk menentukanproduk seperti apa yang diingikan pasar.

2. Penentuan harga

Dalam pemasaran penentuan harga sangat penting harus dengan perhitungan yang matang untuk produksi barang dan penyesuaian harga produk dengan pesaing, di mana produk kita memiliki kualitas yang lebih baik dengan harga yang kompetitif. Kemudian manajemen penentuan harga memperhatikan 3 lingkungan rantai suplai yaitu produsen, agen atau reseller hingga konsemen.

3. Penentuan pasar atau segmentasi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline