Lihat ke Halaman Asli

Isma Nuryani

Guru sekolah dasar di wilayah kabupaten Cilacap

Diseminasi Budaya Positif di Sekolah

Diperbarui: 3 Februari 2023   13:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Sebagai rangkaian tugas dari kegiatan guru penggerak, salah satunya adalah aksi nyata. Pelaksanaan aksi nyata diharapkan tidak hanya sekedar tugas saja. Akan tetapi pelaksanaan aksi nyata akan dilaksanakan secara konsisten, berkelanjutan dan penuh tanggungjawab.
Sebelum saya membuat aksi nyata, yang saya lakukan pertama kali adalah menyusun Rancangan Aksi Nyata Disiplin Positif sebagai berikut ;

A. Latar Belakang
Yang mendasari saya melakukan aksi nyata ini adalah siswa belum melaksanakan kesepakatan kelas yang telah disusun bersama. Sehingga seringkali terjadi pelanggaran yang dilakukan  siswa terhadap kesepakatan kelas. Padahal kesepakatan kelas tersebut disusun untuk menumbuhkan disiplin positif di kelas secara khusus dan lingkungan sekolah secara umum. 

Saya merasa perlu menumbuhkan tanggung jawab siswa terhadap kesepakatan yang telah dibuat bersama. Sehingga, saya menyusun keyakinan kelas bersama siswa untuk menumbuhkan kesadaran mereka dalam pelaksanaan budaya positif. Agar  budaya positif di lingkungan sekolah terbentuk dari dalam diri siswa sendiri (motivasi instrinsik).

B. Tujuan
Diharapkan siswa memahami keyakinan kelas yang disusun berdasarkan nilai-nilai kebajikan dengan sadar.
Diharapkan siswa secara konsisten mampu mengaplikasikannya dalam perilaku/ tindakan mereka di kelas / sekolah sehari-hari, sehingga terbentul budaya positif di kelas/ sekolah.

Diharapkan praktik baik ini dapat ditularkan kepada rekan guru, sehingga nantinya rekan guru mampu budaya positif berupa keyakinan kelas.

C. Tolak Ukur
Bukti dokumentasi bahwa siswa sangat antusias mengikuti kegiatan aksi nyata berupa kegiatan "Segitiga Restitusi" dan " Keyakinan Kelas" yang merupakan implementasi budaya positif di kelas / lingkungan sekolah.

Bukti dokumentasi bahwa rekan sejawat dalam mengikuti kegiatan aksi nyata berupa kegiatan diseminasi / guru berbagi dalam mengenal budaya positif yang bisa dikembangkan seperti membuat keyakinan kelas dan segitiga restitusi.

D. Lini Masa Kegiatan Aksi Nyata
Menyusun rencana kegiatan aksi nyata.
Melakukan kegiatan aksi nyata membuat "Keyakinan Kelas".
Pengimbasan / diseminasi budaya positif kepada rekan guru.
Diskusi, refleksi, evaluasi, dan sharing pasca kegiatan aksi nyata yang dilakukan di kelas.
Membuat video aksi nyata dengan mengunggah di Drive, Youtub, dan Guru Berbagi (PMM)

E. Dukungan Yang Dibutuhkan
Kepala sekolah dan rekan guru
Murid dan wali murid
Komite sekolah dan masyarakat sekitar.

F. Pelaksanaan Aksi Nyata
Sekitar akhir Desember pembelajaran CGP angkatan 7 selesai untuk modul 1. sebagai penutup kegiatan modul 1 yaitu melakukan aksi nyata modul 1.4 tentang budaya positif. Aksi nyata kali ini berbeda dengan aksi nyata sebelumnya. Perbedaan terletak pada himbauan untuk berbagi dan melakukan diseminasi materi kepada rekan guru sejawat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline