Lihat ke Halaman Asli

ismail Aji

hope you're enjoy

Demokrasi Indonesia

Diperbarui: 12 Juni 2021   17:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Definisi demokrasi secara umum adalah sistem pemerintahan yang berasal dari rakyat, dan mengikutsertakan rakyat dalam pemerintahan Negara. Indonesia merupakan negara yang menggunakan sistem demokrasi, di mana dalam sistem ini kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat. Namun rakyat tidak dapat melaksanakan kehendak atau aspirasinya begitu saja, karena mereka memerlukan sebuah wadah yang menjalankan aspirasi tersebut, yang tidak lain adalah pemerintah. Negara Indonesia membagi sistem kekuasaannya menjadi tiga bagian, yaitu (Eksekutif, Yudikatif, dan Legislatif). Ketiganya dibentuk dengan tujuan untuk menjalankan pemerintahan di negara Indonesia.

Demokrasi juga bisa dijadikan sebagai upaya untuk mencegah adanya kekuasaan pemerintah yang bersifat absolut. Karena dalam demokrasi mengandung nilai moral. Yang tentu saja berkaitan dengan ideologi bangsa kita yaitu pancasila. Setiap sila yang terkandung dalam pancasila selalu menunjukkan hal positif jika kita mengimplementasikannya dalam kehidupan. Apalagi dengan ditambah adanya demokrasi yang semakin memperkuat posisi rakyat dalam menjalankan kekuasaan negara.

Manfaat hadirnya sistem demokrasi adalah dapat menyelesaikan perselisihan dengan cara damai. Seperti yang kita tau bahwa demokrasi merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk memberikan pendapatnya kepada pemerintah dalam rangka keikutsertaan masyarakat dalam pengambilan keputusan terkait dengan kebijakan yang akan dihasilkan untuk kesejahteraan rakyat. Setiap kebijakan yang akan dibentuk pemerintah, jika diselesaikan dengan cara terbuka dan masyarakat ikut andil dalam menyetujui atau tidaknya kebijakan tersebut untuk diterapkan dalam jalannya kehidupan bernegara dan bermasyarakat, maka tidak akan terjadi perselisihan seperti pada saat pengesahan RUU Cipta Kerja beberapa bulan lalu.

Saat itu hampir di seluruh wilayah tanah air, masyarakat melakukan demonstrasi dalam rangka menolak kebijakan RUU Cipta Kerja yang isinya menuai kontroversi. Hal itu bisa terjadi karena pemerintah tidak mengikutsertakan rakyat dalam pengambilan keputusan. Sehingga hal tersebut menggambarkan bahwa pemerintah tidak boleh seenaknya dalam membuat kebijakan, terutama dengan kebijakan yang langsung berdampak pada rakyat. Kejadian tersebut sangat mencoreng makna demokrasi. Karena demonstrasi berlangsung ricuh, mahasiswa menjadi sasaran kekerasan aparat. Sangat tidak mencerminkan sebuah negara yang sudah merdeka.

Terlepas dari kejadian tersebut, demokrasi membuat kita dapat memilih siapa calon pemimpin yang pantas untuk menduduki bangku kekuasaan dan dapat menjalankan kekuasaan tersebut secara utuh untuk rakyat. Namun, dalam acara pemilu pun masih banyak terdapat penyimpangan yang dilakukan oleh sejumlah oknum atau kelompok tertentu yang menghalalkan segala cara agar kandidat yang mereka dukung dapat memenangkan suara yang lebih banyak, meskipun cara yang dilakukan sangat mencoreng makna demokrasi.

Sejatinya demokrasi merupakan upaya untuk menjaga keadilan di negara ini. Indonesia dengan segala bentuk perbedaan budaya, norma, namun dapat disatukan dengan pancasila, dan demokrasi adalah sebagai roda penggeraknya, agar masyarakat tidak pasif dan mau dikendalikan oleh pemerintah. Justru kita lah sebagai rakyat yang menggerakkan roda pemerintahan akan berjalan ke arah mana. Meskipun sebenarnya tidak semudah yang dikatakan, lampu cahaya demokrasi sudah hampir padam di negara Indonesia. Semoga kita semua diberikan kekuatan untuk menghadapi segala rintangan dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat.

Nama : Aqil Naufal

NIM : 191011500378




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline