Lihat ke Halaman Asli

PPKM Diperpanjang, Mahasiswi KKN Undip Berikan Tips Perencanaan Keuangan yang Tepat bagi Ibu Rumah Tangga

Diperbarui: 10 Agustus 2021   00:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Semarang, Jatingaleh (21/07/2021) - Pandemi virus Covid-19 tidak kunjung usai. Berdasarkan data dari Center for Systems Science and Engineering (CSSE), Indonesia tercatat sebagai salah satu negara dengan kasus Covid-19 tertinggi, yakni mencapai lebih dari 3 juta kasus. Meskipun begitu, pemerintah terus berupaya menetapkan kebijakan agar angka kasus ini dapat ditekan. 

Salah satu kebijakan yang diterapkan adalah pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Kebijakan ini semula dilaksanakan mulai tanggal 3 Juli hingga 20 Juli 2021, khusus untuk wilayah di Pulau Jawa dan Bali.  Akan tetapi, melihat angka kasus yang belum secara signifikan menurun, kebijakan pun diperpanjang sampai dengan 16 Agustus 2021 bagi wilayah yang berstatus Level 4.

Sebagai salah satu wilayah dengan kategori Level 4, Semarang diharuskan memperpanjang masa PPKM hingga 16 Agustus 2021 mendatang. Kebijakan ini tentunya menuntut masyarakat, khususnya warga RT 06/RW 03, Kelurahan Jatingaleh, untuk berhemat dan lebih memperhatikan pengelolaan keuangan mereka, agar dapat bertahan di tengah pemberlakukan PPKM. 

Dalam upaya membantu masyarakat, khususnya Ibu Rumah Tangga (IRT) RT 06, bertahan di tengah kondisi negara yang belum stabil, salah satu mahasiswi dari Universitas Diponegoro pun memberikan tips dalam bentuk video edukasi mengenai bagaimana membuat perencanaan keuangan dengan tepat. Video ini juga dapat secara mudah diakses melalui youtube dengan judul “EDUKASI FINANCIAL PLANNING UNTUK IBU RUMAH TANGGA”.

Video edukasi financial planning (perencanaan keuangan) yang berdurasi 4 menit dan 35 detik ini terdiri dari 3 materi utama, yaitu pengenalan terhadap perencanaan keuangan, evaluasi kesehatan keuangan atau yang dikenal dengan periksa dompet, serta pembuatan anggaran sebagai kunci sukses perencanaan keuangan. Sampai dengan reportase ini dibuat, video telah ditonton sebanyak 33 kali dan memperoleh beragam komentar baik di kanal youtube maupun kuesioner testimoni yang telah dibagikan ke warga RT 06. Susi Ashari, salah satu warga RT 06, berpendapat bahwa video edukasi yang dibuat akan sangat membantu ibu-ibu rumah tangga.

dokpri

Mahasiswi KKN Undip berharap program edukasi financial planning yang telah dilaksanakan dapat menambah wawasan dan membantu Ibu Rumah Tangga (IRT) khususnya di RT 06/RW 03, Jatingaleh, dalam merencanakan dan mengelola keuangan rumah tangga mereka menjadi lebih baik lagi di masa mendatang.

Oleh: Ismah Nur Fajriah

DPL: Ir. Wahju Krisna Hidajat., MT.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline