Lihat ke Halaman Asli

Isma Carissa Putri

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah prof. Dr. Hamka

Mahasiswa FISIP Uhamka Melakukan Program Pemberdayaan Keluarga Dhuafa

Diperbarui: 3 Januari 2023   11:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Dalam pengimplementasian surat Al-Maun, Kami dari Mahasiswa Universitas Muhammadiyah prof Dr Hamka. Melakukan pemberdayaan Kaum Dhuafa pada salah satu warga Jatayu Kebayoran baru Jakarta Selatan. Yang termasuk dalam Keluarga Dhuafa ini adalah orang-orang yang hidup serba kekurangan, bahkan dapat kita lihat dalam kelemahan secara finansial, psikis sampai fisik nya.

Dalam Q.S Al-Ma'un ayat 1-7 Allah menjelaskan mengenai larangan Manusia berbuat kikir dan memiliki sifat bakhil, dan Allah juga menjelaskan pula dalam surat Al-Ma'un ini sangat menganjurkan Manusianya untuk saling Tolong menolong dan membantu sesama. Maka dengan itu, kami melakukan pemberdayaan keluarga dhuafa untuk bisa mencapai maksud dan tujuan dari ayat tersebut.

Kami disini, dalam penyelesaian tugas akhir mata kuliah 'Kemuhammadiyahan', dari Universitas Muhammadiyah prof. Dr. Hamka Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Ilmu Komunikasi ini melakukan pemberdayaan kaum dhuafa yang dimana menjadi program yang rutin di lakukan di setiap semester tertentu. Kami beranggotakan 3 orang dalam satu kelompok memiliki salah satu keluarga dhuafa yaitu keluarga Bapak Yohan

Bapak Yohan (45) memiliki istri yaitu Ibu daryati (40) dan tiga orang anak. Salah satu Anak dari Pak Yohan harus putus sekolah karena tidak ada biaya yang cukup untuk menyekolahkan nya. Selain membiayai keluarga, pak Yohan juga membiayai kedua orang tuanya yang sakit terkena struk di kampungnya. Pak Yohan dan Ibu Daryati berkerja sebagai pemulung dengan penghasilan 300ribu perminggu, dan itu tidak tetap. Dengan penghasilan 300ribu perminggu untuk kehidupan sehari-hari masih belum tercukupi.

Setelah melihat keadaan keluarga Bapak Yohan, kami langsung memilih keluarga bapak Yohan untuk dibantu. Maka kami melakukan kegiatan fundraising. Kami membuat poster lalu kami bagikan ke media sosial yang kami miliki dan mengajak orang-orang disekitar kami untuk memberikan rezeki mereka untuk membantu keluarga Bapak Yohan. 

Alhamdulillah, kurang lebih satu bulan berjalan, uang sudah terkumpul dan kami salurkan berupa sembako, usaha kecil-kecilan dan keperluan alat shalat. Tentunya kami mengucapkan banyak-banyak Terimakasih kepada para Donatur, Dosen kami, Orang tua kami dan Kampus tercinta yang telah memberikan banyak pelajaran berharga di penghujung semester ini. Semoga kebaikan semua Allah ganti dengan yang berlipat ganda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline