Lihat ke Halaman Asli

Isma Audia

Mahasiswi

Bosen Kuliah Daring

Diperbarui: 5 Juni 2020   17:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Hai semuanya, namaku Isma Audia, dan aku seorang mahasiswa jurusan manajemen. Disini aku ingin mengungkapkan sebuah opiniku mengenai kuliah Daring online di masa Pandemi Covid-19. Jujur sebagai mahasiswa aku seneng dan sedih kuliah dari rumah dan gaperlu ke kampus.

Dari awal pengumuman tentang kuliah online aku udah seneng banget, "akhirnya bisa libur" kataku, libur ke kampus sih maksudnya. Tapi ternyata kuliah online ga seenak kuliah tatap muka langsung dengan dosen, jujur di kampusku gapernah pakai apk zoom, jadi kuliahnya ya cuma pakai WA group dan portal kampus aja, karena banyaknya komentar miring tentang aplikasi zoom, selain itu tugas jadi banyak juga haha tapi aku menikmati.

Seminggu dua Minggu Masi enjoy lah ya dan ternyata kuliah online keterusan sampe akhir smester dong, itu menyebalkan sekali karena apa, jujur sebagai mahasiswa aku kurang paham mengenai materi yang cuma di sampein lewat grup dan portal, baca materi sendiri, meskipun dosennya uda baik nyuruh nanya materi yang ga ngerti tapi tetep aja aku gapaham apa yang mesti aku tanyain, sumpah itu dilema banget. Ditambah lagi ujian nanti, telat dikit aja upload ujian diportal udah gabisa ngumpulin dong, tapi ini ngelatih disiplin juga sih.

Nilai di smester ini meningkat dari smester kemaren, itu semua masih jadi pertanyaan menurutku, karena apa ? Hasil yang didapat it hasil dari browsing google atau hasil dari kerja mahasiswa sendiri yang udah paham materi ? Entah, tapi aku jujur lagi ni, ujian tengah semester kemaren aku browsing google di beberapa mata kuliah karena sumpah emang ga paham huhu.

Dan kuliah online juga boros kuota 😢 banget dimata kuliah tertentu. Jadi menurutku, kuliah online banyak gaenaknya daripada enaknya. Awalnya kupikir enak, tapi setelah dijalanin kelamaan gaenak juga. Doaku semoga Pandemi ini segera berakhir dan bisa balek kuliah seperti biasa ♡♡♡. Salam mahasiswa 😊




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline