Lihat ke Halaman Asli

Islam Syamil Fatahillah

Hai saya mahasiswa

Prestasi Tertinggi Sepak Bola Indonesia

Diperbarui: 12 Mei 2023   00:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sepak bola adalah sebuah olahraga yang populer  di Inggris pada abad 19 dan salah satu olah raga yang berkembang secara pesat. Terhitung 3.5 miliar manusia menyukai olahraga ini. Bahkan sepak bola termasuk dari 10 olahraga paling populer di dunia. Termasuk Indonesia.

Sepak bola mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1914, pada saat itu Indonesia masih dijajah oleh Belanda. Pada tahun 1938 Indonesia ditangani oleh Johannes Mastenbroek. Mereka berpartisipasi di Piala Dunia 1938 setelah lawan di kualifikasi, Jepang, memilih mengundurkan diri. Pada saat itu timnas Indonesia dikenal dengan sebutan Hindia Belanda. 

 Artinya sudah satu abad lebih olah raga ini populer di bumi pertiwi namjn apa prestasi yang sudah Indonesia dapatkan melalui sepak bola?

Era 1980-an bisa dikatakan sebagai era keemasan sepak bola Indonesia. Ada beberapa prestasi membanggakan yang diraih Timnas Indonesia pada masa tersebut.

Salah satunya adalah Timnas Indonesia nyaris lolos ke Piala Dunia 1986 di Meksiko. Indonesia saat itu memasuki fase kedua kualifikasi Piala Dunia 1986 zona Asia.

Sayang, pada laga penentuan, Indonesia kalah 1-6 dari Korea Selatan. Padahal kemenangan atas Korsel akan otomatis mengantarkan Bambang Nurdiansyah dan kolega ke Meksiko.

Selebihnya Indonesia bahkan belum dikatakan negara yang kuat di sepak bola, bahkan di kancah ASEAN saja Indonesia masih kesulitan meraih juara.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline