LAPORAN TUGAS MANDIRI
PELATIHAN CALON PELATIH ( PCP )
DIKLAT BERJENJANG PENDIDIK PAUD TINGKAT DASAR
DALAM RANGKA PENANGANAN DAN PENCEGAHAN STUNTING
REGIONAL JAWA TENGAH ANGKATAN IX
TAHUN 2021
SEMARANG, 23 AGUSTUS -- 5 SEPTEMBER 2021
Disusun Oleh :
NAMA : ISLAMAWATI, S.Pd
LEMBAGA : TK MELATI SIWI
ALAMAT : Desa Bantal Rt 01 Rw 01 Kecamata Bancak
Kabupaten Semarang Jawa Tengah
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah swt yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahNya sehingga kami dapat menyusun Laporan Tugas Mandiri Pelatihan calon pelatih ( PCP ) Diklat Berjenjang Tingkat Dasar dalam rangka Penanagan dan Pencegahan Stunting dengan baik. Dengan melalui kegiatan PCP yang dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus -- 21 Agustus 2021 melalui kelas zoom meeting, dan penyusunan Laporan Tugas Mandiri yang dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus -- 5 September 2021. Laporan Tugas mandiri yang kami susun ini salah satu syarat untuk mendapatkan sertifikat kelulusan sebagai PCP Diklat Dasar tentang Penanganan Stunting yang diadaka oleh GTK PAUD. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami untuk menyusun laporan ini.
Penulis sudah berusaha sebaik mungkin agar penyajian laporan tugas mandiri PCP Diksat ini dapat memenuhi salah satu tugas akhir mandiri bagi Peserta Calon Pelatih Diksar Dalam Rangka Penangana Stunting. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa laporan Tugas Mandiri ini jauh dari sempurna dikarenakan keterbatasan kemampuan yang dimiliki penulis. Sehubungan dengan itu dengan sangat terbuka penulis menanti adanya masukan yang sifatnya membangun guna penyempurnaan isi Laporan Tugas Mandiri, sehingga kekurangan dan kelemahan dapat di perbaiki semaksimal mungkin. Akhirnya penulis menyadari bahwa pelaksanaan tugas mandiri PCP diklat dasar dapat berjalan dengan lancar dan baik ini tidak terlepas dari bantuan dan bimbingan berbagai pihak. Kami mohon maaf setulus tulusnya atas kesalahan maupun kekurangan dalam penyusunan laporan ini.
Bancak, September 2021
Penulis
Islamawati, S.Pd
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL............................i
HALAMAN PENGESAHAN...................ii
KATA PENGANTAR....................iii
DAFTAR ISI....................iv
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang.................................................................. ....1
B. Tujuan ....................2
C. Manfaat....................2
BAB IIPELAKSANAAN TUGAS MANDIRI
A.RENCANA DAN JADWAL KEGIATAN TUGAS MANDIRI....................3
a. Tabel Jadwal Tugas Mandiri....................3
b. Uraian Kegiatan....................12
B.PENYUSUNAN RP3, RINGKASAN MATERI, DAN PPT MATA LATIH.................13
a. Cara Penyusunan RP3, Ringkasan Materi dan PPT....................13
b. Hasil Penyusunan RP3, Ringkasan Materi dan PPT....................14
C. PEMBUATAN TAYANGAN VIDIO SIMULATIF ...................27
a. Cara Pembuatan Tayangan Vidio Simulatif................................................... 27
b. Hasil Pembuatan Tayangan Vidio Simulasi.................................................. 28
D. PERISTIWA PEMBELAJARAN................................................................................ 29
a. Cara Penyusunan Peristiwa Pembelajaran................................................... 29
b. Hasil Penyusunan Peristiwa Pembelajaran................................................. 31
BAB IIIPENUTUP
A. Penutup................................................................................................................. 38
B. Kesimpulan............................................................................................................ 38
LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG
Pada pendidikan anak usia dini atau lazim disebut PAUD yang ada di Indonesia ditujukan untuk anak usia 0 sampai 6 tahun. PAUD bertujuan untuk mengembangkan potensi anak sejak usia dini, sehingga anak berkembang secara wajar. Oleh karena itu pendidikan dituntut mau dan mampu memberikan rangsangan sesuai dengan potensi dan kecerdasan anak. Untuk dapat memberikan rangsangan dan stimulan yang tepat sasaran agar anak berkesempatan mengembangkan setiap indikator kecerdasan yang dimilikinya, maka guru dituntut sebagai guru yang profesional.
Pendidik anak usia dini yang profesional bukan saja dituntut untuk dapat mengembangkan program-program pendidikan anak usia dini (PAUD). Tetapi dapat juga membuat temuan-temuan baru di lembaga tempat ia bekerja. Seiring dengan perkembangan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan di usia dini.
Sikap masyarakat yang seperti inilah yang peduli dan akan membantu lembaga-lembaga PAUD untuk siap maju dan serta mengikuti perkembangan pengetahuan yang menyangkut tentang anak usia dini. Pengembangan profesionalitas guru menjadi perhatian khusus pemerintah. Guru merupakan potensi penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Tenaga pendidik anak usia dini harus memiliki sertifikat guru.
Untuk Pengembangan Profesional guru maka pemerintah mengadakan pelatihan Diklat Berjenjang. Dan untuk mengurangi angka stunting di Indonesia Pemerintah berupaya mengadakan Pelatihan Calon Pelatih (PCP) Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Dalam Rangka Penanganan dan Pencegahan Stunting yang bekerja sama dengan Direktorat GTK PAUD. Dimana Pelatihan tersebut dilaksanakan secara daring lewat aplikasi virtual meeting dengan Nara Sumber yang berpengalaman dan profesional. Pelatihan vicon dilaksanakan selama 10 hari, setelah kegiatan vicon peserta calon pelatih diwajibkan untuk membuat Laporan Tugas Mandiri.
Tugas mandiri merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keseluruhan proses pelaksanaan pelatihan calon pelatih diklat berjenjang. Tugas mandiri diarahkan untuk memperkuat penguasaan seluruh materi diklat, sehingga pengetahuan, sikap dan keterampilan dapat ditingkatkan dan diinternalisasikan secara berkesinambungan. Peserta diklat wajib menyelesaikan tugas mandiri sesuai dengan waktu yang telah ditentukan sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penentuan keberhasilan dalam menyelesaikan tugas mandiri ditetapkan berdasarkan penilaian yang dilakukan secara komprehensif, obyektif,terukur dan dapat dipertanggungjawabkan.Penilaian terhadap keberhasilan pelaksanaan Tugas Mandiri peserta diklat dilakukan melalui prosedur yang tepat, utuh dan selaras dengan materi pelatihan yang diberikan. Penilaian mencakup rancangan melatih, pelaksanaan melatih dan laporan tugas mandiri.
B. TUJUAN
Tujuan Umum Tugas Mandiri ini secara umum bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta Pelatihan Calon Pelatih Diklat Berjenjang GTK PAUD dalam mengaplikasikan seluruh materi yang diterima pada saat mengikuti Pelatihan Calon Pelatih (PCP) diklat berjenjang dalam kegiatan kependidikan Anak Usia Dini.
Tujuan Khusus Tugas mandiri antara lain :
a. Memperdalam dan memperkuat penguasaan pengetahuan dan ketrampilan peserta pelatihan calon pelatih yang telah didapat selama pelatihan.
b.Mengaplikasikan, pengetahuan, sikap, dan ketrampilan peserta sesuai dengan materi diklat yang diperoleh.
c. Meningkatkan kompetensi peserta diklat calon pelatih diklat berjenjang dalam menyelesaikan masalah dan kendala, berdasarkan pengalaman yang ditemukan di lembaga tempat tugas mandiri dilaksanakan.
d.Meningkatkan kompetensi dalam melatih dan menyelaraskan sikap perilaku sebagai pelatih bagi pendidik anak usia dini.
e.Menambah pengetahuan dan keterampilan peserta dalam hal keterampilan, penulisan, dan penyusunan laporan kegiatan.
f.Untuk meningkatkan kompetensi bagi pendidik, dan juga sebagai syarat untuk memenuhi keluluran PCP Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Dalam Penanganan dan Pencegahan Stunting
C.MANFAAT
Manfaat dari penyusunan tugas mandiri ini adalah :
a.Peserta diklat dapat secara langsung mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama diklat.
b.Peserta diklat bertambah pengalaman dan pengetahuan dalam pengasuhan dan pembelajaran kepada anak didik.
c.Memberikan penyegaran pemikiran dan ide kreatif yang berguna bagi pembelajaran di lembaga masing -- masing
d.Penguasaan, seluruh, materi diklat sehingga sikap, pengetahuan, dan ketrampilan dapat ditingkatkan dan dapat diinternalisasikan secara berkesinambungan
BAB II
PELAKSANAAN TUGAS MANDIRI
A.RENCANA DAN JADWAL TUGAS MANDIRI
a.Tabel Rencana dan Jadwal Tugas Mandiri
NOTANGGAL & WAKTUJENIS KEGIATANURAIAN KEGIATANPRODUK/ HASIL
1.23-8-20211.Membuat RP3 pertama Mata Latih Perkembangan Anak