Lihat ke Halaman Asli

N-Max Old Bekas, Apakah Masih Worth to Buy di 2022?

Diperbarui: 15 Juli 2022   21:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

N-Max Old bekas, apakah masih Worth to Buy di 2022?

Tidak dapat dipungkiri, hadirnya Yamaha N-Max di tahun 2015 silam merupakan peluncuran yang cukup fenomenal dan berdampak besar pada pasar Skutik Besar di Indonesia. 

Kelas Skutik Besar yang biasanya memiliki harga yang tinggi, tiba-tiba dikagetkan dengan hadirnya N-Max yang diproduksi di dalam negeri dengan harga yang jauh lebih terjangkau, serta kubikasi mesin yang sedikit lebih besar (155cc) dibandingkan kompetitornya saat itu, Honda PCX 150 CBU. 

Berdasarkan data statistik penjualan oleh AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) dalam Lokadata (2017), di tahun 2017 periode Januari -- September, total penjualan domestik Yamaha N-Max mencapai jumlah 188.713 unit berbanding dengan Honda PCX 150 yang terjual sejumlah 4.614 unit. 

Angka tersebut memperlihatkan bahwa kehadiran skutik besar dengan harga yang terjangkau sangat diterima oleh masyarakat Indonesia. Kesan elegan, gagah, serta kubikasi mesin yang besar untuk sebuah skutik menjadi daya tarik segmen ini, dan tren skutik besar terus berkembang hingga saat ini dengan persaingan antar pabrikan melalui kubikasi mesin yang kian membesar (Honda hadir dengan platform mesin baru 160cc).

Namun, masalah lain muncul yaitu segmen atau kelas Skutik Besar ini tidak lagi dapat dikatakan memiliki harga yang terjangkau untuk dibeli. Saat artikel ini dibuat, harga yang dipatok untuk Yamaha All New Nmax Connected ABS ada di harga 32.250.000 Rupiah (On The Road Jakarta), sedangkan untuk All New Honda PCX 160 ABS di bandrol dengan harga 35.510.000 Rupiah (On The Road Jakarta). 

Bagi sebagian konsumen, harga tersebut cukup tinggi untuk memiliki sebuah Sepeda motor Matic. Lalu bagaimana jika kita ingin merasakan nikmatnya skutik besar seperti N-Max tanpa harus merogoh kocek yang dalam? Maka, tidak ada salahnya kita melirik N-Max Old (generasi pertama) di pasar Sepeda motor bekas. 

Pencarian cepat disitus marketplace seperti OLX akan memberikan kita gambaran rentang harga Sepeda motor bekas seperti Yamaha N-Max Old, yang dapat dimiliki dengan harga yang lebih terjangkau, berkisar antara 16.5 Juta -- 22 Juta Rupiah, tergantung tahun pembuatan dan jarak tempuh.

Sangat menarik bukan? Dengan harga yang terjangkau kita dapat memiliki sebuah skutik besar. Tapi apakah masih layak untuk dibeli di tahun 2022? Untuk menjawabnya, penulis akan mengurai beberapa kelebihan dan kelemahan dari Yamaha N-Max Old (2015-2018) dan membandingkannya dengan All New N-Max pada bagian berikut ini.

Sisi Desain dan Fitur

Berbicara mengenai desain, tentu akan menjadi sebuah pro dan kontra, dikarenakan kaitannya dengan selera seseorang yang dimana hal tersebut sifatnya sangatlah subjektif. Oleh karenanya apapun pilihannya, keputusan terakhir ada pada perasaan senang atau tidaknya ketika kita memiliki sebuah kendaraan, disitulah kendaraan tersebut tepat untuk anda. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline